Kegiatan Safari Ramadhan PT Surya Bratasena Plantation 2024

Jumat, 05 April 2024

PELALAWAN, TRANSMEDIARIAU.COM - PT Surya Bratasena Plantation (SBP) kembali melaksanakan kegiatan Safari Ramadhan 1445 H pada Kamis 14 Maret hingga Sabtu, 23 Maret 2024.

Pelaksanaan kegiatan yang pada tahun ini mengangkat tema “Semai Berkah Di Bulan Suci” tersebut merupakan program simultan dan kolaboratif dalam rangka menyemaraki perayaan Bulan Suci Ramadhan, bersama Pemerintah Kecamatan Pangkalan Kuras.

Sedikitnya terdapat 6 Desa yang menjadi lokasi sasaran dalam gelaran tersebut bersama pemerintah Kecamatan Pangkalan Kuras antara lain mencakup Desa Beringin Indah, Sorek Dua, Surya Indah, Dundangan dan seterusnya.

Selain memberikan dukungan kepada Pemerintah Kecamatan untuk menghadirkan kegiatan ceramah dalam nuansa ukhuwah islamiyah, pada kesempatan itu managemen PT SBP yang diwakili oleh tim safari yang dibentuk juga telah menyalurkan paket charity berupa karpet masjid.

Pelaksanaan safari Ramadhan dilakukan pula secara terpisah oleh tim safari PT SBP dengan menyambangi 4 masjid lainnya di desa-desa sekitar. Sehingga secara keseluruhan terdapat 10 Mesjid yang telah dikunjungi berikut dengan pemberian charity sebanyak 32 paket.

Pada liputan berikutnya, Kamis, 04 April 2024, awak media juga berkesempatan mendokumentasikan prosesi serah-terima Zakat Harta Karyawan PT SBP yang bertempat di Masjid An-nur Perumahan Karyawan PT SBP. Penyerahan ini diwakili oleh M. Hidayat Nasution selaku Muzakki kepada Badan Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Pelalawan yang diterima langsung oleh Abi Hurairah SHI, Wakil Ketua II Bidang Pendistribusian.

Zakat harta yang bersumber dari potongan 2.5% upah bulanan karyawan tersebut diinisiasi dan dimusyawarahkan oleh manajemen kebun afdeling setempat bersama karyawan yang beragama Islam untuk kemudian dipotongkan secara rutin.

Total zakat harta yang terhimpun
dan kemudian diserahkan kepada BAZNAS Kabupaten Pelalawan pada tahun ini adalah sebesar Rp. 32.853.000 (Tiga Puluh Juta Delapan Ratus Lima Puluh Tiga Ribu Rupiah).

“Pengumpulan zakat harta ini selain dilakukan atas dasar kesadaran terhadap tuntunan agama Islam, juga diputuskan secara musyawarah. Harapan kita bahwa dengan zakat harta ini dapat membawa keberkahan untuk kita semua”, terang M. Hidayat selaku Asisten Kebun di salah satu estate PT SBP.

Abi Hurairah SHI, pada kesempatan itu sangat menyambut baik dengan adanya penyerahan zakat harta karyawan PT SBP kepada BAZNAS Kabupaten Pelalawan.

“Meskipun ini baru pertama kalinya serah terima zakat harta ke Baznas, tapi sudah sangat baik. Di tahun-tahun kedepannya, harapan kita semua akan semakin baik. Bagaimanapun, kita melihat bahwa pengelolaan zakat itu sendiri memiliki dampak yang sangat signifikan terhadap penguatan sosial-ekonomi masyarakat, khususnya di Kab. Pelalawan”, tukas Wakil Ketua II Bidang Pendistribusian BAZNAS Pelalawan tersebut.

Saat dimintai tanggapan secara terpisah terkait sejumlah kegiatan tersebut, Humas PT SBP Aditya Denni mengatakan, bahwa baik pelaksanaan safari ramadhan yang terselenggara secara simultan, maupun penyerahan zakat harta karyawan PT SBP tersebut, pada dasarnya memiliki muatan yang sama yaitu untuk memberikan kebermanfaatan dan berkah di Bulan Suci Ramadan bagi masyarakat sekitar dalam semangat energi kebersamaan.

Ia menambahkan bahwa PT SBP sebagai salah satu entitas bisnis, tentu tak bisa lepas dari fungsi-fungsi sosial yang implikasinya tidak hanya dijalankan secara kelembagaan, melainkan juga lewat peran individu-individu di dalamnya.

“Untuk itu, kami sangat berterima kasih kepada semua pihak yang telah saling mendukung," pungkasnya.***