Siapkan Empat Pos Pam Pantau Arus Mudik, Ini Kata Kapolres Kuansing AKBP Pangucap Priyo Soegito

Selasa, 02 April 2024

KUANSING, TRANSMEDIARIAU.COM - Jalur mudik Hari Raya Idul Fitri 1445 H di wilayah Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) Riau  disiapkan empat pos pengamanan (Pos Pam) untuk pemantauan kelancaran arus lalulintas kendaraan. Selama mudik lebaran hingga arus balik lebaran.

Mulai tanggal 4 April 2024 atau H - 7 Lebaran Polres Kuansing akan mulai memberlakukan Pos Pam pemantauan arus lalulintas kendaraan sampai dua Minggu kedepan.

Hal itu disampaikan Kapolres Kuansing AKBP Pangucap Priyo Soegito,SIK MH kepada Transmediariau.com pada Selasa (2/4/2024) siang diruang kerja Kapolres Kuansing.

"Pemantauan dan pengamanan arus lalulintas, telah  disiapkan empat pos pam lewat operasi ketupat mulai 4 April, kita juga siapkan satu unit ambulance dan dua orang tenaga medis," kata Kapolres Kuansing AKBP Pangucap Priyo Soegito SIK MH, Selasa (2/4/2024) sore diruang kerjanya.

Dijelaskan Kapolres, empat pos pam akan disiapkan selama operasi Ketupat berlangsung, yang tersebar di pintu - masuk dan pintu keluar Kuantan Singibgi. Pos satu di tempatkan di Desa Tanjung Pauh Kecamatan Singingi Hilir. Pos pam kedua di tempatkan simpang tugu cerano Teluk Kuantan Kecamatan Kuantan Tengah.

Kemudian, Pos pam ketiga di tempatkan di Desa Kasang Kecamatan Kuantan Mudik dan Pos pam  keempat  di tempatkan di Inuman. Selain itu, Polres Kuansing akan  mengerahkan 120 orang personel lebih.

" Kita akan kerahkan 120 orang personil lebih, untuk melakukan pemantauan arus lalu lintas mulai tanggal 4 April sampai dua Minggu kedepan di empat pos pam tersebut, rinciannya 12 anggota polri di setiap pos, akan bergabung dengan dishub dan pol PP,"  jelas Kapolres

Pantauan saat ini, lanjut Kapolres sejauh ini, arus lalulintas kendaraan yang melintasi wilayah Kabupaten Kuansing masih normal dan lancar. Tidak ada penumpukan kendaraan atau kemacetan. Polres memprediksi, peningkatan arus lalulintas kendaraan kemungkinan akan naik pada tanggal 6 April 2024. Dimana, pada hari itu sudah mulai cuti bersama Idul Fitri. Baik sekolah maupun PNS.

"Kita prediksi kemungkinan pada tanggal 6 akan mulai ada lonjakan atau peningkatan arus lalulintas kendaraan. Karna sudah mulai libur bersama kan", ujar Kapolres Kuansing yang diketahui cukup dekat dengan awak media.

Ia menghimbau, agar semua masyarakat Kuansing, maupun luar Kuansing yang melintas di wilayah Kuansing  dalam berpergian mudik lebaran  atau liburan keluarga agar tetap berhati-hati dan selalu waspada. Ia menghimbau untuk menggunakan kendaraan dalam batas kewajaran, menjaga kondisi kesehatan dalam kondisi prima, jika terasa ngantuk, agar segera istirahat dan jangan lupa   patuhi atuhui rambu-rambu lalulintas. (Idr)