Resmikan MCK Ponpes Ar-raudhah Karimun, Cen Sui Lan Serasa di Madinah

Rabu, 10 Januari 2024

Karimun, Transmedia Riau  – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Dapil Kepri, Cen Sui Lan meresmikan MCK di Lembaga Pendidikan Keagamaan Pondok Pesantren Ar-raudhah Karimun, Sabtu (6/1/2024).

Disela - sela peresmian tersebut Cen Sui Lan menceritakan bagaimana ia merasa nyaman saat berada di Pondok Pesantren Ar-raudhah Karimun. Karena teringat ketika berada di Ar-Raudah (taman syurga) Masjid Nabawi Kota Madinah, Arab Saudi.

“Saya teringat pada awal tahun 2013 lalu. Saat itu, saya berada di Ar-raudhah Masjid Nabawi Madinah Al-Munawwarah. Tapi sekarang, Sabtu (6/1/2024), saya berada juga di Ar-raudhah. Tapi, Ar-raudhan ini adalah salah satu Ponpes yang termaju dan termodern di Kabupaten Karimum,” ucap Cen Sui Lan usai meninjau tempat berwudu pada bagian MCK Ponpes Ar-raudhah Karimun yang diresmikan tersebut.

Caleg DPR RI Nomor urut 2 Partai Golkar ini berharap, nama Ar-raudhah, menjadikan Ponpes di Kabupaten Karimun, Provinsi Kepri ini seperti yang dimaknai namanya menjadi tempat yang diimpikan umat Islam.

“Saya mendoakan dan mudah-mudahan Ponpes Ar-raudhah di Kecamatan Tebing, Kabupaten Karimun ini menjadi tempat yang diimpikan bagi umat Islam,” kata Cen Sui Lan di depan civitas pondok pesantren Ar-raudhah Karimun.

Bantuan hibah bagi LPK berupa MCK untuk Ponpes Ar-raudhah di Kecamatan Tebing, Kabupaten Karimun itu berasal dari dana aspirasi Cen Sui Lan.

Pada peresmian bantuan hibah bagi LPK berupa MCK kepada Pondok Pesantren Ar-raudhah Karimun ini, Cen Sui Lan disambut dengan berbagai penampilan seni dan kebudayaan oleh santri.

Tak hanya itu, Cen Sui Lan juga disambut dengan tarian persembahan Sekapur Sirih. Para penari santriwati dan santriwan menyempatkan momen tersebut untuk berfoto bersama dengan Cen Sui Lan. Tak sedikit santri dan santriwati yang bersalaman serta berswafoto dengan Cen Sui Lan.

Peresmian tersebut dilaksanakan dalam rangkaian Kunker Reses Cen Sui Lan ke Kabupaten Karimun.

Cen Sui Lan menggunting pita sebagai peresmian LPK MCK untuk Ponpes Ar-raudhah di Teluk Air, Kecamatan Tebing, Kabupaten Karimun bersama Ali Asmin pimpinan Ponpes Ar-raudhah.  

Di sela kegiatan peresmian MCK tersebut, ustadz Ali Asmin selaku pimpinan Ponpes Ar-raudhah Karimun merasa bahagia. Karena pondok pesantren yang dipimpinnya, sudah 2 kali mendapatkan program LPK MCK dari aspirasi Cen Sui Lan. Pada tahun anggaran 2021, dan tahun anggaran 2023 yang diresmikan oleh Cen Sui Lan. Dengan demikian, sudah Rp400 juta dana aspirasi Cen Sui Lan yang dihibahkan untuk Ponpes Ar-raudhah Karimun.

Dalam kegiatan peresmian MCK tersebut, kelompok santriwati Ponpes Ar-raudhah menampilkan tarian pencak silat Merpati Putih. Penampilan para pendekar santriwati tersebut luar biasa dan atraktif. Selain itu, group dance modern santriwan Ponpes Ar-raudhah pun tampil memukau dalam kegiatan peresmian MCK tersebut.

Usai peresmian bantuan hibah LPK MCK untuk Pondok Pesantren Ar-Raudhan, Cen Sui Lan langsung mengecek satu per satu bagian bangunan MSK hingga kran air. Guna memastikan fasilitas tersebut sudah berfungsi dengan baik. Bahkan, Cen Sui Lan mengecek kran air tempat berwudu untuk salat.

Saat berada di Ponpes di Kecamatan Tebing, Kabupaten Karimun itu, Cen Sui Lan teringat saat berada di Ar-raudhah. Itu sebagai salah satu tempat yang mustajab di Masjid Nabawi Madinah Al Munawwarah. Seperti diajarkan dan diyakini umat Islam, bahwa tempat antara mimbar dan makam Rasulullah Muhammad SAW itu menjadi salah satu tempat yang wajib untuk melakukan salat (sholat). Ada pula yang menyebutkan, Ar-raudhah itu sebagai taman syurga Masjid Nabawi Kota Madinah.


Pada kesempatan lain, ustadz Ali Asmin selaku pimpinan Ponpes Ar-raudhah Karimun mengucapkan terima kasih kepada Cen Sui Lan. Baginya, hanya Allah SWT yang akan membalas jasa dan perjuangan Cen Sui Lan dalam mengembangkan pendidikan keagamaan di Kepri.

"Karena Ponpes Ar-raudhah, sudah 2 kali menerima hibah dari aspirasi Bu Cen Sui Lan untuk bantuan MCK ini. Pada tahun anggaran 2021 dan tahun anggaran 2023. Semoga Bu Cen Sui Lan terpilih lagi untuk mewakili Kepri periode 2024-2029. Karena, pengabdian Ibu Cen Sui Lan, sudah nyata dan direalisasikan, dan ini harus dilanjutkan lagi,” harapnya.

“Nanti, kami butuh asrama atau rumah susun untuk santri Bu Cen Sui Lan. Santri kita ada 1.200-an orang Bu Cen Sui Lan.Tolong ya Bu,” pinta Ali Asmin ketika menyampaikan sambutan pada acara peresmian bantuan hibah LPK berupa MCK Ponpes Ar-raudhah Karimun.

Turut hadir Sumartono Ketua DPD Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI) Provinsi Kepri yang juga tim relawan Cen Sui Lan. Selain itu, hadir juga Bowo selaku Staf Kantor Kemenag Kabupaten Karimun, Khaidir Camat Tebing, Lurah Teluk dan para guru di Ponpes Ar-raudhah. Baik guru dari MI, MTs dan MA serta seluruh santriwan dan santriwati Ponpes Ar-raudhah Karimun.