Kini Jadi Daya Tarik Pariwista di Indragiri, Festival Aruh Ganal di Inhil Tampilkan Berbagai Kesenian Banjar

Jumat, 17 November 2023

TRANSMEDIARIAU.COM - Kabupaten Indragiri Hilir, sebuah wilayah di Riau yang kaya dengan beragam suku, termasuk Melayu, Banjar, Bugis, Minang, dan suku-suku lainnya, menjadi pusat keberagaman budaya. Keberagaman suku dan budaya ini menambah daya tarik tersendiri, terutama dalam acara seni dan budaya.

Salah satu contohnya adalah Festival Aruh Ganal yang diselenggarakan oleh suku Banjar di Kabupaten Indragiri Hilir pada malam Jumat (17/11/2023).

Festival Budaya Aroh Ganal ini menjadi moment kebahagiaan bagi seluruh warga Banjar dan masyarakat Inhil. Acara ini dihadiri oleh Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) Sahbirin Noor, yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) KBB dan akrab disapa Paman Birin. Turut hadir juga Ketum PW KBB Riau, Dato' Natawarga Laksana H. Syamsuddin Uti, Bupati Inhil HM. Wardan, Ketum PW IWABBRI Provinsi Riau, PD KBB 12 Kabupaten/Kota se-Provinsi Riau, Tokoh Masyarakat Banjar, dan seluruh Masyarakat Banjar di Kota Tembilahan.

Bupati H. Muhammad Wardan, dalam sambutannya di malam Festival Budaya Banjar Aruh Ganal, menyampaikan harapannya bahwa kegiatan ini dapat menjadi ajang silaturahmi bagi warga Banjar, baik yang datang dari luar Inhil maupun yang tinggal di Kabupaten Inhil.

"Semoga kegiatan Aruh Ganal ini tidak hanya menjadi ajang silaturahmi, tetapi juga mampu menggerakkan roda perekonomian masyarakat Inhil. Selain pertukaran budaya, kita juga berharap adanya kerjasama investasi antara Inhil dan Kalsel," jelas Bupati.

Bupati juga menyampaikan terima kasih kepada panitia pelaksana dan PD KBB Kabupaten Inhil yang telah dengan baik menyiapkan acara Aruh Ganal ini.

Sementara itu, Ketum PW KBB Riau, H. Syamsuddin Uti, menyambut seluruh Masyarakat Banjar di Provinsi Riau dan dari luar Riau. Dia juga memberikan selamat kepada Ketum Pusat KBB, Gubernur Kalsel Sahbirin Noor, yang hadir untuk kedua kalinya di Kabupaten Indragiri Hilir-Riau, dengan harapan semangatnya dapat memotivasi KBB di Riau.

Pada acara ini, beberapa tutuha Banjar Inhil menerima penghargaan langsung dari Ketua Umum PP KBB, termasuk Bupati Inhil H. Muhammad Wardan yang menerima penghargaan sebagai pembina keturunan Banjar di Inhil, serta Datuk Natawarga Laksana Wabup Syamsuddin Uti yang menerima penghargaan sebagai pemersatu Banjar se Riau.

Malam Festival Budaya Banjar ini juga mempersembahkan beberapa kesenian khas Banjar, seperti Kontau, dan pertukaran Cendramata dari Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir-Riau kepada Gubernur. Acara ini juga dihibur oleh Artis ibu Kota, Tomy Kaganangan. (Galery)