Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga dan Kebudayaan Kabupaten Indragiri Hilir Mengelar Pelatihan Desa Wisata

Senin, 23 Oktober 2023

TRANSMEDIARIAU.COM - Dinas Pariwisata, Pemuda, Olahraga, dan Kebudayaan Kabupaten Indragiri Hilir telah mengadakan pelatihan Desa Wisata dalam subkegiatan Peningkatan Peran Serta Masyarakat dalam Pengembangan Kemitraan Pariwisata pada hari Senin, 23 Oktober 2023.

Pelatihan ini berlangsung di Hotel Inhil Pratama Tembilahan dan berlangsung dari tanggal 23 hingga 25 Oktober 2023. Acara ini dihadiri oleh perwakilan dari Dinas PMD, pejabat administrator, dan pejabat fungsional Disparporabud Inhil.

Partisipan yang mengikuti pelatihan ini berjumlah 30 orang, berasal dari enam Kecamatan di Kabupaten Inhil, yaitu Kecamatan Batang Tuaka, Kecamatan Kuindra, Kecamatan Tembilahan Hulu, Kecamatan Tempuling, Kecamatan Kempas, dan Kecamatan Kemuning. Narasumber yang memberikan materi pada pelatihan ini melibatkan Bapak Osvian Putra, seorang Master Asesor Pariwisata-BNSP, dan Bapak Novico Fishuri, seorang penggerak pemuda dari Desa Dayun.

Kepala Dinas Parporabud Kabupaten Inhil, Qudri Ramaputera, SH, MH, membuka pelatihan desa wisata ini. Dalam sambutannya, Qudri Ramaputera menyampaikan bahwa saat ini baru ada 10 Desa Wisata yang telah ditetapkan melalui Peraturan Bupati tahun 2021. Pelatihan ini diharapkan dapat menambah jumlah Desa Wisata di Kabupaten Indragiri Hilir, sejalan dengan target Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang fokus pada pengembangan sektor pariwisata di desa.

"Harapannya, Indragiri Hilir dapat bersaing dengan daerah lain, dan semoga tahun depan kita dapat mengusulkan untuk mengikuti Anugerah Desa Wisata yang dilaksanakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif," ungkap Qudri Ramaputera.

Lebih lanjut, Qudri Ramaputera menyatakan bahwa tahun ini Disparporabud sedang menyusun RIPPARKAB (Rencana Induk Pengembangan Pariwisata Kabupaten), yang diharapkan akan menjadi peraturan daerah pada tahun depan.

"Harapan kami dengan pelatihan ini dapat meningkatkan sumber daya manusia di bidang pariwisata, khususnya dalam pengelolaan Desa Wisata, baik dari segi fasilitas maupun pelayanan terhadap wisatawan," tambahnya.

Kegiatan ini diakhiri oleh Kepala Bidang Pariwisata Disparporabud Inhil, Dessi Erfina, SP, pada Rabu (25/10/2023). Dessi Erfina berharap bahwa setelah dilaksanakan pelatihan, konsep dan pengetahuan yang diperoleh dapat diimplementasikan dengan baik di masing-masing Desa Wisata di Kabupaten Indragiri Hilir, sehingga dapat meningkatkan potensi pariwisata di setiap desa. (Galery)