Menjaga Alam untuk Masa Depan, Polres Lingga laksanakan Penanaman Sepuluh Juta Pohon bersama Polri.

Rabu, 15 November 2023

TRANSMEDIARIAU.COM - Lingga, Lestarikan penghijauan, Polres Lingga melaksanakan gerakan penghijauan penanaman pohon secara serentak seluruh Indonesia, Rabu(15/11/2023) pagi.

Dalam kegiatan yang mengusung tema “Penanaman Sepuluh Juta Pohon bersama Polri" Polres Lingga juga ikut melaksanakan penghijauan penanaman pohon. Bertempat di pantai Desa Tanjung Harapan Polres Lingga  melaksanakan penanaman pohon mangrove sebanyak 500 pohon.

Hadir dalam kegiatan tersebut Wakapolres Lingga Kompol Adi Sumardi, S.Kom, Camat Singkep Agustiar, Kades Tanjung Harapan Irwansyah, Staff Analis Dinas Sosial dan PPPA Izumi Pratama, Kabid Dinas Pariwisata Abdulmanaf, Kabid Pertanian Fahmi, PJU Polres Lingga dan Personel Polres Lingga.

Wakapolres Lingga Kompol Adi Sumardi, S.Kom menjelaskan bahwa kegiatan ini di laksanakan secara serentak di seluruh Indonesia dengan harapan nantinya penanaman pohon mangrove akan mampu melestarikan alam dan mengurangi resiko abrasi pantai.

“Satu bibit mangrove yang kita tanam merupakan penyelamatan terhadap bumi kita, tanaman mangrove merupakan tanaman penyanggah dan paru – paru dunia,” tegasnya.

Wakapolres Lingga mengatakan dipilihnya Desa Tanjung Harapan sebagai tempat penanaman mangrove dikarenakan daerah tersebut mengalami abrasi cukup berat.

“Dimana radius pengikisan air tersebut terlalu tajam dan jauh, jadi diupayakan untuk memperlambat erosi berat ini dengan penanaman mangrove,” ujar Wakapolres.

Ia menambahkan agar tanaman mangrove tersebut tetap hidup pihaknya berupaya untuk menjaga agar tumbuh subur dan tidak diterjang gelombang.

“Maka kita akan bekerjasama dengan Desa setempat untuk menjaga tanaman mangrove ini tetap hidup,”tutupnya

Sementara itu, Camat Singkep Agustiar mengucapkan apresiasi terhadap POLRI khususnya Polres Lingga yang selama ini telah melaksanakan penanaman mangrove di wilayah Kabupaten Lingga, khususnya pada pagi hari ini yang bertema "Penanaman Sepuluh Juta Pohon bersama Polri".

“Kegiatan ini sangat penting dikarenakan abrasi di wilayah Kabupaten Lingga sudah perlu menjadi perhatian bersama. Beberapa waktu yang lalu, abrasi pantai sudah sampai di pemukiman warga. Pemerintah Kabupaten Lingga sangat mendukung kegiatan penanaman pohon mangrove,dan diharapkan kegiatan ini terus berlanjut dengan maksud untuk mengurangi dampak dari abrasi,” ucap Camat Singkep Agustiar.