Cen Sui Lan Berikan Bantuan Untuk Nelayan Pulau Rempang

Selasa, 10 Oktober 2023

Batam, Transmedia Riau - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), Cen Sui Lan melakukan kunjungan ke Pulau Nipah, Kecamatan Bulang, Kota Batam untuk menyerahkan bantuan Keramba Jaring Apung (KJA) dengan bahan High Density Polyethylene (HDPE) kepada Khairul Ketua Kelompok Budidaya Ikan (Pokdakan) Barelang Mandiri Pulah Nipah, Setokok, Bulang, Kota Batam, Minggu (8/10/2023)

Saat kedatangan tersebut Politisi Partai Golkar ini, begitu terharu ketika disambut masyarakat pesisir secara meriah, suka cita dan banyak pengharapan masyarakat pesisir yang mayoritas nelayan kepada Cen Sui Lan. Khusus mengenai Pulau Rempang.

Kepada masyarakat, Cen Sui Lan menjelaskan, kebijakan yang diambil negara itu, untuk kesejahteraan masyatakat. Cen Sui Lan sebagai Anggota DPR RI Dapil Kepri memastikan, seluruh hak-hak dan program-program untuk masyarakat. Serta memastikan agar anak-anak tempatan harus mendapatkan program afirmatif (positif) dari negara.

“Kita ingin masyarakat pulau-pulau pesisir ini maju. Dan tujuan pembangunan itu untuk kita,” jelas Cen Sui Lan.

Cen Sui Lan menyatakan hal tersebut di depan sekitar 200-an orang warga pulau-pulau di Kecamatan Bulang, serta perwakilan masyarakat Rempang. Terutama Rempang Cate, yang pada tahun 2023 ini mendapatkan program bedah rumah dari aspirasi Cen Sui Lan sebanyak 40 unit, sudah selesai dikerjakan. Masyarakat (Rempang) Cate sangat berterima kasih kepada Cen Sui Lan.

“Agar apa yang menjadi tujuan bernegara ini, untuk menyejahterakan masyarakatnya, dapat diwujudkan,” jelas Cen Sui Lan kepada wartawan, Minggu (8/10/2023)

Cen Sui Lan menyampaikan, akan dilaksanakan pelatihan yang digelar BMKG tentang pelatihan menangkap ikan dengan menggunakan aplikasi teknologi yang sangat efisien dan efektif bagi nelayan. Ke depan, nelayan bukan lagi mencari ikan. Tapi sudah menangkap ikan. Karena dengan teknologi menggunakan aplikasi tersebut, titik-titik di mana ikan sudah bisa dideteksi atau diketahui.

Pada kesempatan tersebut, Cen Sui Lan melihat pembangunan bedah rumah atau program BSPS. Khusus di Kelurahan Setokok, mendapatkan 67 unit bedah rumah dan di Pulau Nipah sebanyak 11 unit. Kemudian, Cen Sui Lan menyerahkan 2 paket KJA HDPE dengan 8 lubang senilai Rp500 juta.

“Saya bahagia sekali bisa menjadi bagian dari mereka dan bisa mewujudkan bantuan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat nelayan di pesisir Kepri,” kata Cen Sui Lan.

Cen Sui Lan memanggil satu per satu dari perwakilan dari pulau-pulau se-Kecamatan Bulang, termasuk perwakilan masyarakat Rempang, guna memastikan masyarakat dan nelayan di setiap pulau pesisir tersebut mendapatkan program bedah rumah dari aspirasi Cen Sui Lan. Seperti Pulau Panjang, Pulau Cengkui, Pulau Temoyong dan pulau lainnya.

Cen Sui Lan menambahkan, “seluruh aspirasi program bedah rumah, kita prioritaskan untuk masyarakat pesisir Tahun 2024 nanti,”