Gedung Serba Guna HKBP Distrik Kepri Buah Aspirasi Cen Sui Lan

Sabtu, 30 September 2023

Batam, Transmedia Riau - Selain Keuskupan Katolik terbesar di Kepri, HKBP Distrik Kepri juga mendapat pembangunan gedung serbaguna yang menjadi ikonik, dari aspirasi Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri, Cen Sui Lan.

Cen Sui Lan sudah meninjau lahan untuk pembangunan gedung serbaguna HKBP Distrik Kepri di Jalan Raja Isa Batam Center, Kota Batam, Rabu (27/9/2023) kemarin.

Saat peninjauan lahan pembangunan gedung serbaguna HKBP Kepri tersebut, Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri didampingi Muhamad Yudi Prasetya PPK Prasarana Strategis BP2W Kepri Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR. Di lokasi lahan itu, Cen Sui Lan dan Muhammad Yudi Prasetya menerima penjelasan dari Pendeta Renova Sitorus Praeses HKBP Kepri tentang lokasi pembangunan gedung Serbaguna HKBP, yang berada di Jalan Raja Isa Batam Center, Kota Batam tersebut.

Dalam peninjauan lahan itu, Tim Kementerian PUPR melakukan survei lapangan untuk melihat kesiapan Readines Criteria (RC) dari Program Pembangunan Gedung Serbaguna, yang sudah diusulkan dan sudah masuk pada APBN tahun anggaran 2024 lewat Kementerian PUPR.

Cen Sui Lan menjelaskan, program pembangunan gedung serbaguna HKBP Kepri di Jalan Raja Isa Batam Center, Kota Batam direncanakan dibangun di atas lahan 15.000 meter persegi, atau 1,5 hektare. Saat ini memasuki tahap penyiapan Readiness Criteria (RC).

Itu ditandai dengan dilaksanakan kunjungan survei Cen Sui Lan Anggota Komisi DPR RI Dapil Kepri bersama Muhamad Yudi Prasetya PPK Prasarana Strategis (PS) BP2W Kepri Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR ke lokasi, Rabu (27/9/2023).

“Gedung serbaguna HKBP Kepri ini diestimasi bisa menampung 10.000 umat kristiani untuk melaksanakan kegiatan keagamaan atau kegiatan sosial masyarakat lainnya,” ujar Cen Sui Lan kepada awak media, usai melakukan kunjungan survei lapangan, Rabu (27/9/2023).

Dijelaskan Cen Sui Lan, program pembangunan sedung serbaguna HKBP Distrik Kepri ini secara politis dan kebijakan anggaran, sudah diputuskan Cen Sui Lan bersama Basuki Hadi Mulyono, pada saat Raker Komisi V DPR RI, awal September 2023 lalu.

“Setelah saya usulkan secara resmi melalui Surat Rekomendasi Pengusulan saya sebagai Anggota Komisi DPR RI, kemudian secara langsung dalam Raker (Rapat Kerja), sudah kita putuskan untuk diprogramkan pada tahun anggaran 2024. Jadi, pada tahun anggaran 2024 nanti, ada 2 gedung untuk sarana prasarana umat beragama yang dibangun. Pertama gedung Keuskupan Katolik Kepri. Dan kedua, gedung Serbaguna HKBP Distrik Kepri,” sebut Cen Sui Lan.