Bawaslu Kabupaten Lingga Melaksanakan Kegiatan Bimtek di One Hotel Dabo Singkep.

Selasa, 29 Agustus 2023

TRANSMEDIARIAU.COM, Lingga, Kepri - Dalam rangka mengoptimalkan kelancaran pelaksanaan pemilu 2024 mendatang, Badan pengawas pemilu (Bawaslu) Kabupaten Lingga melaksanakan kegiatan Bimbingan Tekhnis (Bimtek) penyelesaian sengketa proses pencalonan presiden dan wakil presiden serta anggota DPRD, dan DPRD Kabupaten/Kota. Bertempat Aula pertemuan One Hotel Dabo, Kecamatan Singkep, Kabupaten Lingga, Kepri.

Dalam pelaksanaan kegiatan bimtek tersebut Bawaslu Lingga menghadirkan narasumber Dosen Pakultas Hukum Raja Ali Haji, Mardiani Rani, SH.,MH dan turut hadir juga pihak aparatur penegak hukum Polres Lingga diwakili Kasatreskrim Polres Lingga IPTU Idris, Bawaslu Lingga beserta jajarannya, para Ketua Partai Politik, para Tokoh Masyarakat (TOMAS).

Dalam sambutannya, Ketua Bawaslu Lingga M. Zamroni, S.H.,M.M.,C.,Med menyampaikan "Pelaksanakan kegiatan Bimtek ini bertujuan agar memahami sepenuhnya apa saja yang menjadi persoalan sengketa yang menyangkut dalam pelaksanaan kampanye", ujarnya. Selasa (29/08/2023).

Adapun materi yang disampaikan oleh narasumber Mardiani Rani, SH.,MH pada kegiatan bimtek tersebut berupa potensi sengketa penetapan DCT bajala calon anggota DPRD serta apa saja pelanggaran-pelanggaran yang terkait pidana pada saat melakukan kampanye setelah ditetapkan Daftar Calon Tetap (DCT) dari setiap Partai Politik (Parpol).

Selanjutnya Ketua Bawaslu Lingga Zamroni,S.H.,M.M.,c,Med menambahkan adapun objek sengketa antara peserta dan penyelenggara itu terbagi menjadi dua yakni Surat Keputusan dan Berita Acara dengan Mediasi dan Ajudikasi selama masa hari kerja. Dan jika penyelesaian sengketa sengketa tata usaha pemilu secara mediasi dan Ajudikasi dianggap tidak selesai maka bisa dilanjutkan ke KPTUN dalam hal ini di Provinsi.

"Untuk Calon Tetap peserta pemilu akan diumumkan pada tanggal 3 November 2023 dengan ketentuan untuk penyelesaian sengketa proses selama tiga hari masa kerja sejak dikeluarkan Surat Keputusan calon tetap", pungkas Zamroni.

Diakhir kegiatan pembukaan Bimtek Kasatreskrim Polres IPTU Idris menyampaikan terkait optimalisasi peran penyidik perkara TP. Pemilu dan pemilihan mengajak kepada seluruh peserta pemilu dan seluruh masyarakat khususnya wilayah kabupaten lingga, marilah kita mewujudkan pemilu yang damai dan mertabat, ungkapnya secara singkat dan padat.