Buka Penilaian Akreditas RSUD Indrasari Rengat, Wabup Junaidi: Mari Tingkatkan Pelayanan Sebaik-baiknya

Senin, 28 Agustus 2023

TRANSMEDIARIAU.COM, INHU - Wabup, Junaidi Rachmat membuka Kegiatan Survei Akreditas RSUD Indrasari Rengat yang dilaksanakan oleh Tim Surveyor Damar Husada Paripurna di RSUD Indrasari Rengat, Senin (28/8).

Kegiatan ini merupakan proses penilaian dan penetapan kelayakan rumah sakit berdasarkan standar pelayanan yang telah ditetapkan oleh lembaga independen Damar Husada Paripurna.

Berlangsung dari tanggal 26 sampai 29  Agustus 2023, RSUD Indrasari Rengat telah mengandeng tim lembaga survei untuk menilai dan memberikan rekomendasi atas standar yang ditetapkan.

Dalam acara pembukaan itu, Wabup Junaidi menyampaikan bahwa saat ini RSUD Indrasari Rengat perlu meningkatkan standar akreditasi, karena melihat banyaknya potensi masyarakat yang berobat tidak hanya berdomisili dari Inhu namun juga dari luar daerah.

"Sebagai upaya memenuhi misi Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu, meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat dan tata kelola pemerintahan yang melayani. Kami sangat mendukung segala bentuk kerjasama peningkatan akreditas rumah sakit baik di bidang prasarana, kualitas SDM, maupun tata kelola rumah sakit yang mengoptimalkan pelayanan terbaik bagi masyarakat," ucap Wabup Junaidi.

Kemudian Direktur RSUD Indrasari Rengat, M. Sobri menjelaskan bahwa pihaknya telah menyiapkan penilaian akreditasi selama satu tahun, dengan mengelola proses administrasi dan sertifikasi sesuai tupoksi dan keahlian bagi dokter maupun perawat, mengikuti proses seminar dan pelatihan sebagai peningkatan mutu keselamatan pasien, dan menetapkan etika dasar dalam pelayanan. Serta, dilakukan simulasi survei selama dua bulan kepada masyarakat.

Sementara itu, Surveyor Damar Husada Paripurna, Dr. Nur Aisyah, M.Kes yang datang langsung bersama tim dari Jakarta akan memberikan penilaian dan saran-saran terhadap setiap lini unit pelayanan RSUD Indrasari yang akan diawali dengan wawancara kepada Pemda Inhu (Wabup) dan Direktur RSUD.

Terakhir dalam sambutannya, Wabup Junaidi berharap besar penilaian ini akan memberikan akreditasi terbaik bagi RSUD Indrasari sebagai langkah awal mewujudkan pelayanan kesehatan yang membantu segala kebutuhan masyarakat.