Pembukaan Pelaksanaan Lat Pra Ops Bina Waspada Seligi 2023 oleh Kapolres Lingga.

Senin, 28 Agustus 2023

TRANSMEDIARIAU.COM, Lingga - Kepolisian Resor Lingga menggelar Latihan Pra Operasi (Lat Pra Ops) Bina Waspada Seligi tahun 2023 bertempat di gedung Endra Dharma Laksana Polres Lingga, Senin(28/8/2023) pagi.

Kegiatan Latihan Pra Operasi (Lat Pra Ops) di pimpin langsung oleh Kapolres Lingga AKBP Fadli Agus, S.I.K, M.H di dampingi KabagOps Polres Lingga AKP Efendri Ali, S.IP., M.H dan Kasat Binmas Polres Lingga IPTU Made Sandiasa dan di ikuti Personel yang terlibat dalam sprin Operasi.

Kapolres Lingga AKBP Fadli Agus, S.I.K, M.H dalam kesempatan tersebut mengatakan pelaksanaan tugas Operasi Bina Waspada Seligi 2023 merupakan amanah yang harus dilaksanakan oleh setiap anggota, sehingga kegiatan pelatihan Pra Operasi ini agar dilakukan dengan baik dan serius.

“Kepada para anggota yang terlibat, agar memahami maksud serta tujuan dari kegiatan Operasi Bina Waspada seligi tahun 2023 ini. Sehingga operasi tersebut dapat berjalan dengan sukses, sesuai dengan ketentuan dimulainya operasi pada tanggal 28 Agustus sampai tanggal 26 September 2023 nanti,” tegasnya.

AKBP Fadli Agus menambahkan Operasi Bina Waspada ini mengedepankan fungsi Satuan Binmas dalam rangka memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat terhadap berbagai bentuk radikal,ideologi,kelompok ekstrim kanan/kiri,separatisme,kelompok aliran agama/kepercayaan yang sesat yang berpotensi menimbulkan keresahan dan ganguan Kamtibmas.

“Pelaksanaan Operasi Bina Waspada Seligi tahun 2023 kita Memprioritaskan Upaya Preemtif dengan Memberdayakan Tomas (Tokoh Masyarakat), Toga (Tokoh Agama), Toda (Tokoh Pemuda), Todat (Tokoh Adat) untuk Mendukung Kegiatan Operasi,”jelasnya.

Selain itu kita juga Mengoptimalkan kegiatan Door to Door atau yang lebih dikenal dengan kegiatan sambang yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas dari satu rumah ke rumah yang lain, Kegiatan Deteksi Dini Bhabinkamtibmas serta Kegiatan Penyuluhan guna mencegah secara dini aksi Radikalisme dan Aliran Sesat.

“Dalam Pelaksanaan kegiatan Operasi Bina Waspada harus mengedepankan tindakan Secara Humanis dan tidak mengeluarkan kata -kata yang dapat menyinggung masyarakat guna meningkatkan Kesadaran dan Partisipasi masyarakat terhadap peraturan serta Perundang - Undangan yang berlaku,”tutup Kapolres Lingga AKBP Fadli Agus, S.I.K, M.H.