FKMTSI Wilayah II Riau-Kep. Riau Gelar Temu Wicara Regional ke-5 di ITB Indragiri

Jumat, 04 Agustus 2023

TRANSMEDIARIAU.COM, INDRAGIRI - Forum Komunikasi Mahasiswa Teknik Sipil Indonesia (FKMTSI) Wilayah II Riau-Kepulauan Riau menggelar temu wicara regional ke-5 tahun 2023 di Kampus Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Indragiri Rengat, Jumat (4/8).

Sebanyak 75 mahasiswa dari delapan Perguruan Tinggi Negeri dan Perguruan Tinggi Swasta dari wilayah Riau dan Kepulauan Riau yang mempunyai fakultas teknik sipil mengikuti kegiatan tersebut.

Temu wicara tersebut mengangkat tema "FKMTSI sebagai Ruang Mahasiswa Teknik Sipil dalam Bersatu Menjalin Silaturahmi, Memperbanyak Diskusi, Menuangkan Kreatifitas Nyata Membangun Negeri" yang akan diselenggarakan selama tiga hari yakni dari tanggal 4-6 Agustus 2023 dan dibuka oleh Bupati Indragiri yang diwakili Sekretaris Daerah, Hendrizal.

Hendrizal menyampaikan ucapan selamat kepada FKMTSI Wilayah II Riau-Kepulauan Riau yang telah mewujudkan kegiatan temu wicara di ITB Indragiri. Menurut Sekda, selain ajang silaturahmi, kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan semangat mahasiswa dalam mengambil aspirasi-aspirasi dan ide-ide yang dapat dituangkan dalam diskusi.

Sekda berharap kegiatan temu wicara dapat meningkatkan pemahaman terkait pentingnya infrastruktur dalam pembangunan di suatu daerah dan mampu memberikan semangat baru bagi mahasiswa teknik sipil yang tergabung dalam wilayah II.

Dirinya juga berharap mahasiswa sebagai generasi penerus dapat terus berkarya memberikan kontribusi yang nyata lewat ide-ide kreatif dan inovatif serta solusi konstruktif yang mampu mendorong pembangunan infrastruktur di daerah guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat terutama di Kabupaten Indragiri.

Pada kesempatan itu, Sekda Hendrizal juga menyampaikan bahwa nama Kabupaten Indragiri Hulu sudah berubah menjadi Kabupaten Indragiri dan hari lahirnya ditetapkan tanggal 19 Maret 1956 serta Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Indragiri telah disahkan pada rapat paripurna DPRD beberapa hari yang lalu.

Sekda juga menyampaikan bahwa pada tanggal 10 November 2024 akan diadakan MTQ Tingkat Provinsi di Danau Raja Rengat yang persiapannya akan diekspose di depan Gubernur Riau pada Senin (7/8).

Senada, Rektor ITB Indragiri, Raja Marwan Indra Saputra juga berharap momen ini bisa dijadikan sebagai sarana bertukar pikiran untuk melihat inovasi-inovasi yang akan terjadi ke depan. Dia meyakini bahwa perubahan-perubahan itu pasti ada, maka ITB Indragiri akan menggiring mahasiswa agar siap menghadapi perubahan-perubahan itu.

"Tentu tidak hanya pada keilmuan dan kompetensi saja, akan tetapi lebih kepada perbaikan karakter. Karena itu diperlukan dukungan dan komitmen bersama untuk melakukannya," ucapnya.

Marwan juga mengatakan bahwa inovasi-inovasi baru yang dihasilkan dari temu wicara ini diharapkan benar-benar sesuai dengan kebutuhan kampus yang nantinya dapat disesuaikan dengan proses pembelajaran dan silabus.

'Semoga pertemuan ini berjalan dengan baik," pungkas Marwan.

Turut hadir pada kesempatan itu, Forkopimda, Kadis PUPR dan Camat Rengat.