DPRD Sahkan Nama Indragiri Hulu Jadi Indragiri

Selasa, 01 Agustus 2023

TRANSMEDIARIAU.COM, INHU - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Indragiri Hulu, Riau mengesahkan perubahan nama Kabupaten Indragiri Hulu menjadi Indragiri pada sidang paripurna di Aula Dinas Ketenagakerjaan  Pematang Reba, Selasa (1/8).

Selain nama, paripurna juga menetapkan hari jadi Kabupaten Indragiri yang jaruh pada tanggal 19 Maret 1956.

Pimpinan rapat paripurna DPRD Elda Suhanura mengatakan, proses, tahapan dan mekanisme nama Kabupaten Indragiri Hulu menjadi Kabupaten Indragiri sudah tepat dan sesuai aturan.

"Proses dan tahapan sudah dilaksanakan oleh Pansus DPRD beberapa bulan sebelumnya," katanya.

Tim Panitia Khusus (Pansus) DPRD yang dibentuk telah bekerja keras dengan menerima banyak masukkan, aspirasi dan pandangan terkait penetapan nama Kabupaten Indragiri dan hari jadinya.

Penetapannya juga berdasarkan kajian dan studi komparatif bahkan diperkuat setelah berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Riau dan Kabupaten lain yang sudah lebih dulu menetapkan hari jadinya.

Bupati Rezita Meylani Yopi mengatakan, momentum penetapan hari jadi ini merupakan suatu peristiwa penting dan bersejarah.

"Karena, menjadi pengakuan identitas dan kebanggaan serta momentum bersejarah bagi Indragiri," ujar Rezita.

Rezita pun menyampaikan rasa syukur dan penghargaan kepada seluruh pihak yang telah turut merumuskan hingga menetapkan hari jadi Indragiri.

Dengan adanya perubahan nama tersebut, Rezita berharap ke depan Indragiri semakin cemerlang dan masyarakat lebih sejahtera.