Walikota Pariaman Berikan Kuliah Umum di ITB Indragiri Rengat

Sabtu, 08 Juli 2023

TRANSMEDIARIAU.COM, INHU - Walikota Pariaman, Prof. Dr. H. Genius Umar, S.Sos., M.Si. memberikan kuliah umum di Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Indragiri Rengat, Sabtu sore, (8/7).

Kuliah umum mengambil thema "Membangun Kualitas Diri dalam Menghadapi Tantangan Era Revolusi Industri".

Revolusi industri 4.0 saat ini merupakan transformasi komprehensif dari keseluruhan aspek produksi di industri melalui penggabungan teknologi digital dan internet dengan industri konvensional.

Di era ini, tenaga manufaktur sudah menjadi tren otomasi dan pertukaran data. Tren tersebut telah mengubah pola pikir dan kehidupan manusia di berbagai bidang, termasuk dunia kerja, pendidikan bahkan gaya hidup masyarakatnya.

Dalam menghadapi revolusi industri 4.0, Prof. Genius Umar mengatakan harus melakukan revolusi kemampuan dan revolusi pemikiran. Revolusi kemampuan adalah meningkatkan kemampuan sumber daya manusia untuk mampu melakukan sesuatu dalam berbagai perubahan yang terjadi. Sedangkan revolusi pemikiran yaitu bagaimana merencanakan sesuatu untuk beradaptasi terhadap perubahan yang terjadi.

Dijelaskan, di era revolusi industri 4.0 akan banyak tenaga kerja dihilangkan. Banyak orang akan kehilangan pekerjaannya dalam 20 tahun ke depan. "Akan tetapi, banyak pekerjaan lain yang akan timbul juga, seperti bisnis online ataupun angkutan online dan lain sebagainya," ujarnya.

Maka dari itu Prof. Genius menekankan pentingnya meningkatkan kemampuan dan pemikiran sehingga dapat bersaing dan menemukan profesi-profesi baru sesuai dengan tuntutan era revolusi industri 4.0.

"Karena orang-orang yang dapat menemukan profesi baru tersebutlah yang akan sukses ke depannya," pungkas Genius.

Pada kesempatan itu, Wakil Rektor I ITB Indragiri Rengat, Ziko Fransinatra, S.S., M.M mengucapkan terima kasih kepada Walikota Pariaman atas kesediaannya memberikan kuliah umum. Ia berharap apa yang telah disampaikan dapat diserap dan diaplikasikan dalam menghadapi era revolusi industri sekarang ini.

Turut mendampingi Walikota Pariaman, beberapa Kepala OPD Kota Pariaman dan Ketua Persatuan Keluarga Daerah Pariaman (PKDP) Kabupaten Inhu.