Banjir di Sagulung Tak Pernah Diperhatikan Pemerintah, Puluhan RT Cari Solusi Ke Cen Sui Lan

Selasa, 04 Juli 2023

Batam, Transmedia Riau - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR - RI), Cen Sui Lan mendapatkan kejutan ketika ingin menyosialisasi pencairan dana bantuan beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP) tahun anggaran 2023 dari dana aspirasinya di Kelurahan Pelunggut, Kecamatan Sagulung, Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau.

Kejutan itu, berupa curhatan 18 RT ada Kelurahan tersebut. Karena berdasarkan para RT tersebut mengeluhkan bahwa tempatnya belum pernah tersentuh bantuan penanganan banjir dari pemerintah. Meskipun kawasan mereka menjadi salah satu daerah langganan banjir di Kota Batam.


"Sudah 20 tahun lebih, kami menderita banjir Bu,” ujar Hotman P Hutasoit Ketua RW08 Sungai Pelunggut, Kecamatan Sagulung, Kota Batam kepada Cen Sui Lan.

Mendapatkan informasi tersebut, Cen Sui Lan berjalan di tepi aliran sungai kecil. Sungai ini kondisinya kumuh, dangkal dan tanpa dibangun infrastruktur layaknya drainase. Wajar setiap hujan turun, air langsung meluap dan terjadi banjir. Wilayah ini satu dari sekian banyak kawasan pinggiran Kota Batam yang tak pernah diperhatikan pemerintah setempat.

Di sela peninjauan tersebut, Hotman P Hutasoit mengungkapkan, banjir yang terjadi di kawasan Sungai Pelunggut pinggiran Kota Batam ini melanda ratusan rumah, di 3 RW dan 18 RT se-Kelurahan Pelunggut, Kecamatan Sagulung, Kota Batam.

Hotman menjelaskan apabila hari hujan, warga yang sedang bekerja mencari nafkah merasa was-was, sangat khawatir. Karena rumah tempat tinggal mereka dilanda banjir.

“Masalah banjir ini terjadi sejak dulu. Sudah ke mana-mana kami mengadu Bu (Cen Sui Lan). Ke Pemprov Kepri sudah. Ke Pemko Batam sudah. Pun tak ada penyelesaiannya. Cuma janji kosong aja. Tolonglah kami Bu. Bantu kami. Kepada Ibu Cen lah harapan kami,” lirihnya.

Mendengar curhat dan kegelisahan serta pengharapan dari warga 3 RW dan 18 RT tersebut, Cen Sui Lan kepada para Ketua RW dan RT tersebut serta korlap-korlap Cen Sui Lan se-Kecamatan Sagulung, meminta agar foto-foto dan video segera dikirimkan ke Irwansyah selaku koordinator Relawan Cen Sui Lan Kota Batam. Sekaligus titik-titik koordinat kawasan banjir di wilayah Sagulung, Kota Batam.

"Ketika RDP (Rapat Dengar Pendapat) pekan depan dengan Pak Jarot Widyoko Dirjen SDA Kementerian PUPR, langsung saya bicarakan penyelesaian banjir ini,” ujar Cen Sui Lan kepada warga.

"Banjir di kawasan tersebut harus segera saya programkan untuk diselesaikan,” kata Cen Sui Lan penerima penghargaan sebagai Anggota DPR RI Terpopuler Golkar Media Awards 2023 ini, Senin (3/7/2023).

“Kita inginkan kawasan banjir di 3 RW, dan 18 RT di Sungai Pelunggut ini segera diselesaikan melalui Dirjen SDA Kementerian PUPR,” tutupnya.