Banmus DPRD Rohil Evaluasi Kinerja 4 Pansus

Kamis, 16 Maret 2023

Foto : Wakil Ketua DPRD Rohil Basiran Nur Effendi didamping Sekwan DPRD Rohil Sarman Syahroni memimpin rapat banmus, belum lama ini.

TRANSMEDIARIAU.COM, BAGANSIAPIAPI – Badan Musyawarah (Banmus) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) mengevaluasi kinerja 4 Tim Panitia Khusus (Pansus) yang saat ini dalam proses menyusun rancangan peraturan daerah (ranperda).

4 pansus tersebut yaitu, Pansus A terkait pajak dan retribusi, Pansus B terkait penyebutan nama dari desa menjadi kepenghuluan, Pansus C terkait peningkatan status 4 kepenghuluan dan pansus D terkait Susunan Organisasi Tatakerja atau SOTK di Dinas Kesehatan, Satpol PP dan sejumlah dinas lainnya.

Wakil Ketua DPRD Rohil Basiran Nur Effendi menjelaskan, pembahasan oleh 4 Pansus ini bersama pemerintah daerah sudah berjalan selama 2 bulan, sehingga perlu di evaluasi dengan meminta laporan sementara dari semua ketua pansus.

“Alhamdulillah sudah dilaporkan walaupun dalam kondisi berbeda progresnya, salah satu contoh Pansus C progres mungkin secara materi mereka sudah selesai, tapi ada beberapa hal yang di tunggu dari Pemerintah daerah seperti batas desa dan lainnya,” ujar Basiran usai memimpin Rapat Banmus di Ruang Banmus Gedung DPRD Rohil, belum lama ini.

Menurut Abas sapaan akrabnya, progres pembahasan untuk pansus lainnya juga sama di tahap tersebut di atas, yaitu sudah pada tahap akhir.

“Jadi secara materi rata - rata 4 pansus ini mengenai pasal demi pasal dan bab sudah clear atau selesai, hanya menunggu persyaratan lain menjelang finalisasi,” ujar politis NasDem ini.

Selain mengevaluasi kinerja pansus, Abas menambahkan, dalam rapat banmus tersebut juga dibahas terkait reses pada masa sidang I 2023, dimana Banmus menjadwalkan reses pada minggu ke 3 atau tanggal 17 – 22 maret 2023.

“Kita juga bahas terkait usulan rencana kerja alat kelengkapan, seperti komisi A akan melakukan rapat dengar pendapat atau RDP dengan mitra, kemudian ada beberapa komisi juga yang melakukan RDP dengan perjalanan serta sesuai hal yang berkembang lainnya,” pungkasnya. (ADV).