Mahasiswa FKM USU Berikan Penyuluhan di SD Negeri 064979 Kota Medan

Ahad, 11 Juni 2023

MEDAN, SUMATERA UTARA-Mahasiswa Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat(FKM), Universitas Sumatera Utara (USU) melaksanakan Project Based Learning dengan melakukan pengabdian masyarakat berupa kegiatan penyuluhan di SD Negeri 064979 Kecamatan Medan Sunggal, Kota Medan, Sabtu (3/7/2023) lalu.

Penyuluhan ini membawa topik "Pencegahan Penyakit Filariasis Sejak Dini" dengan mengedukasi murid kelas III SD Negeri 064979 berjumlah 28 orang. Sesuai dengan topiknya penyuluhan ini menargetkan siswa/ siswi SD sebagai peserta mengingat filariasis dapat dicegah sejak usia anak-anak dengan memberikan pemahaman kepada mereka.

Ditengah kegiatan penyuluhan, peserta akan diminta mengisi kuisioner terkait kebiasaan mereka dirumah ataupun disekitar rumah, seperti membuang genangan air, memakai kelambu saat tidur, menumpuk sampah, dan lain-lain. Kuisioner ini diberikan bertujuan agar Mahasiswa FKM USU memahami kebiasaan peserta.

 Setelah pengumpulan kuisioner,. Mahasiswa FKM USU akan memberikan pemahaman terhadap kebiasaan baik atau buruk yang dilakukan oleh peserta sehingga peserta dapat memperbaiki kebiasaan mereka.

Setelah pemaparan materi tentang Penyakit Filariasis dan Pencegahannya, Mahasiswa FKM USU akan memberikan kuis terkait materi yang telah diberikan. Siswa yang dapat menjawab soal kuis akan diberikan hadiah sebagai wujud apresiasi terhadap pemahaman mereka pada materi, dilanjutkan dengan foto bersama. Mahasiswa FKM USU juga melaksanakan _ice breaking_ guna meningkatkan semangat dan antusias para siswa/siswi.

Kegiatan ditutup dengan ucapan terimakasih Mahasiswa FKM USU akan partisipasi dan semangat para murid terhadap penyuluhan, dilanjutkan dengan pembagian snack sebagai wujud apresiasi atas partisipasi mereka.

"Kami sangat mendukung kegiatan penyuluhan yang dilakukan Mahasiswa FKM USU ini karena berdampak positif terhadap para murid" ungkas Kepala Sekolah SDN 064979. 

Respon para siswa/siswi juga sangat baik dalam menyambut Mahasiswa FKM USU dengan penuh antusias dan semangat. 

Akhir kegiatan penyuluhan dilakukan dengan foto bersama para murid dan mengucapkan terimakasih kepada para guru dan kepala sekolah karena telah menyambut dengan baik kedatangan Mahasiswa FKM USU.

 

Sumber BM Sitorus

GuL""