Satgas TMMD ke-116 Kodim 0314/Inhil Berikan Penyuluhan Pertanian dan Swasembada Pangan kepada Masyarakat

Jumat, 26 Mei 2023

INHIL - Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-116 Kodim 0314/Inhil menggelar kegiatan non fisik berupa penyuluhan pertanian dan swasembada pangan kepada masyarakat di desa pengalihan Keritang kecamatan keritang kabupaten Indragiri hilir,Jumat (26/05/2023).

Kegiatan ini berlangsung di posko TMMD desa pengalihan keritang yang merupakan rangkaian kegiatan non fisik program TMMD ke 116 Kodim 0314/Inhil.

Di dalam penyuluhan ini mengahdirkan petugas dari Dinas TPHP Kabupaten Indragiri hilir Bapak Sirajudin,S.P yang menjabat sebagai koordinator penyuluhan pertanian kecamatan keritang dan kemuning.

Dalam penyuluhannya Bapak Sirajudin,S.P memberikan beberapa cara bercocok tanam yang baik khususnya tanaman padi, selain itu ia juga memberikan pengetahuan cara mengatasi hama dan pengetahuan tanaman yang baik di tanam di daerah – daerah tertentu serta cara pengajuan bibit dan pengajuan pupuk.

"Swasembada pangan atau kemandirian pangan adalah dimana kondisi suatu daerah mampu memproduksi pangan beraneka ragam dari dalam kawasannya sendiri, yang dapat menjamin pemenuhan kebutuhan pangan cukup sampai di tingkat perseorangan dengan memanfaatkan potensi sumber daya alam, manusia, sosial, ekonomi dan kearifan lokal secara bermartabat,"Ucap Sirajudin,S.P.

Sementara itu kapten Inf Anwarsyah Siregar selaku Dan SSK TMMD ke 116 Kodim 0314/Inhil mengungkapkan, tujuan penyuluhan ini untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para petani di desa pengalihan keritang dengan harapan agar bisa menambah kemampuan dan keterampilan khusus petani setempat dalam meningkatkan hasil pertanian.

“Penyuluhan ini juga sangat penting untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat sekaligus mendukung program pemerintah dalam mewujudkan program swasembada pangan nasional,” ujarnya.

Diakatan salah seorang peserta penyuluhan Bapak Jamal yang hadir pada acara tersebut, kegiatan penyuluhan pertanian bagian dari program TMMD ini sangat bermanfaat.

"Semoga dengan adanya kegiatan ini bisa meningkatkan produksi tanam khususnya di bidang pertanian bagi warga desa pengalihan keritang kecamatan keritang ini,"Ujarnya.