Pemkab Inhu Gelar Sosialisasi dan Evaluasi LPPD Tahun 2022

Jumat, 12 Mei 2023

TRANSMEDIARIAU.COM, INHU - Pemerintahan Kabupaten Indragiri Hulu menggelar Sosialisasi dan Evaluasi Terhadap Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) Tahun 2022 di Ruang Rapat Thamsir Rahman Lt. 4 Kantor Bupati Inhu, Kamis (11/5).

Acara tersebut dibuka oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra, H. Syahrudin dan dihadiri oleh Inspektur Provinsi Riau bersama Tim, Inspektur Kabupaten Inhu berserta jajaran dan Kepala OPD di lingkungan Pemkab Inhu.

Membuka acara tersebut, Syahrudin mengatakan LPPD merupakan rapor kepala daerah yang dinilai oleh pemerintah pusat yang didalamnya memuat capaian kinerja pemerintah daerah selama satu tahun terakhir.

Capaian kinerja tersebut memuat laporan penerapan standar pelayanan minimal serta laporan penerapan inovasi daerah yang dilaksanakan oleh seluruh OPD.

Karena itu Syahrudin berharap agar seluruh kepala dan perencana OPD dapat mengikuti rangkaian kegiatan sosialisasi dengan baik, sehingga dalam pembuatan Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah dapat menyampaikan Laporan Kinerjanya sesuai dengan Indikator Kinerja Kunci (IKK).

"Semoga pencapaian penilaian LPPD akan meningkat,” harapnya.

Dalam kesempatan itu, Inspektur Provinsi Riau, Sigit Juli Hendriawan mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk membina dan pengawasan dalam membuat rancangan LPPD dan untuk meningkatkan efektivitas pengawasan terhadap penyelenggaraan pemerintah daerah.

Kemudian meningkatkan kesadaran dan tanggung jawab pemerintah daerah dan pimpinan kerja atau unit instansi tentang arti penting tindak lanjut hasil pemeriksaan.

Selanjutnya, Inspektur Kabupaten Inhu, Boyke David Elman Sitinjak juga mengatakan bahwa Inspektorat sudah melakukan review terhadap LPPD ini dan menyampaikan rekomendasi terhadap hal-hal yang perlu dilengkapi dalam menunjukkan kinerja utama masing-masing OPD tersebut. (Arlendi)