Universitas Riau Indonesia (UNRIDA) Hadir di Indragiri Hulu

Kamis, 30 Maret 2023

TRANSMEDIARIAU.COM, INHU - Dalam rangka meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) dan mutu pendidikan tinggi, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) menambah jumlah universitas melalui penggabungan Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Indragiri (STIA-I) Kabupaten Inhu, Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Riau Kabupaten Inhu dan Akademi Kebidanan Salma (Akbid Salma) Kabupaten Siak menjadi Universitas Riau Indonesia (UNRIDA).

Penggabungan tersebut ditetapkan melalui Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia (Mendikbudristek). No 273/E/O/2023 yang penyerahannya dilakukan oleh kepala LLDIKTI Wilayah X Padang, Afdalisma, SH.,M.Pd  kepada DR. Indrayani, SE., MM., Ph.D didampingi Prof. DR. Damsar, MA, Senin 27 Maret 2023 yang lalu.

Kepala LLDIKTI Wilayah X Afdalisma yang membawahi perguruan tinggi di Sumatera Barat, Jambi, Riau dan Kepulauan Riau mengucapkan selamat kepada Yayasan Aura Berlian atas SK Universitas Riau Indonesia (UNRIDA) yang merupakan universitas ke 11 di Provinsi Riau.

"Semoga mampu bersaing dalam menciptakan mahasiswa mahasiswi yang unggul di Riau," ujarnya

Afdalisma menjelaskan bahwa PTS yang sudah ada di Riau berjumlah 74 PTS yang terdiri dari Universitas, Institut, Sekolah Tinggi dan Akademi. Keberhasilan Yayasan Aura berlian karena UNRIDA berdiri dengan hibah akselerasi Dikti yang seluruh pembiayaan penggabungan ditanggung oleh Dikti.

"Alhamdulillah selama saya menjabat sebagai kepala L2DIKTI Wilayah X sudah ada 2 yang mendapatkan hibah Dana Akslerasi yaitu di Bukit Tinggi dan Riau yang diserahkan kepada Yayasan Aura Berlian," ucap Afdalisma kepada awak media.

Masih kata Afdalisma, bahwa untuk terpilih mendapatkan dana akselerasi tersebut harus dengan seleksi yang ketat. "saya berharap UNRIDA di bawah arahan ibu Indrayani dan Prof. Damsar sebagai pakar akademisi akan dapat membantu pemerintah dalam meningkatkan kualitas SDM dan mutu Pendidikan Tinggi di Indonesia, khususnya L2DIKTI  Wilayah X dan Provinsi Riau," pungkasnya.

Diketahui, Universitas Riau Indonesia (UNRIDA) menyelenggarakan 8 program studi yaitu:
1. Prodi Administrasi Negara S1
2. Prodi Administrasi Bisnis S1
3. Prodi Hukum S1
4. Prodi Kebidanan D3
5. Prodi Administrasi Kesehatan S1
6. Prodi Sistem Informasi S1
7. Prodi Teknik informatika S1
8. Prodi Bisnis Digital S1

Penyerahan SK Universitas Riau Indonesia tersebut dilaksanakan di Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah X di Padang Sumatera Barat. (Arlendi)