Begini Cara Kapolres Bengkalis Atasi Balap Liar di Duri

Senin, 06 Maret 2023

Duri - Berkat kerja keras jajaran Opsnal Polres Bengkalis yang diinisiasi Kapolsek Mandau, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) dalam menekan angka kenakalan remaja khusus Balapan liar (Bali) akhirnya menemukan titik terang.

Dengan aturan ketat, Terminal AKAP di Ujung Jalan Pipa Air Bersih (PAB) akhirnya disepakati sebagai ajang menyalurkan balap dan adrenaline remaja pada aksi geber menggeber kuda besi guna saling mendahului.

Bekerjasama dengan Pemuda setempat dan tokoh masyarakat Desa Petani, harapan penyaluran bakat ramaja itupun tampak semakin nyata, sejumlah remaja telah menjajal lintasan terminal, tentunya dengan pakaian safety khusus Balapan Sebagaimana layaknya dibawah pengawalan ketat pihak terkait.

Kapolres Bengkalis, AKBP Setyo Bimo Anggoro membenarkan pengalihan dan telah menggiring penggila balapan di Kota Duri agar menjajal lintas disekitar Terminal AKAP Desa Petani dari pada disejumlah titik Jalan raya yang dapat membahayakan pengguna kendaraan lain.

“Benar, kita telah mengarahkan remaja yang benar benar hobi balapan kelintasan di Terminal AKAP Simpang Lima, Desa Petani. Tidak ada lagi namanya balapan liar ditengah Kota. Membahayakan,”ujarnya didampingi Kapolsek Mandau, Kompol Hairul Hidayat dan Kasatlantas Polres Bengkalis, AKP Kaliman Siregar.

Dikatakan Kapolres, dalam menyalurkan bakat tentunya juga tidak seenak hati. Ada sejumlah aturan main, salah satunya dengan mengenakan pakaian safety khusus Balapan serta penyesuaian waktu.

Tidak seenak hati seperti balapan liar, ada waktunya dan aturan ketat. Kita juga merangkul tokoh masyarakat dan pemuda setempat,”tambahnya.

Ketua Pemuda Simpang Lima, Desa Petani, Rinal saat dihubungi juga membenarkan aksi balapan dengan aturan main yang telah disepakati tersebut.

”Jika tujuannya positif, pemuda tentunya ikut saja. Sama sama menjaga dengan peraturan yang sudah dibuat,”ungkapnya.

Saat ditanya untung ruginya pengalihan aksi kenakalan remaja itu ke terminal itu, Rinal juga tak menapik warga yang berprofesi sebagai pedagang disekitar Terminal itu juga ketiban rezeki.”Sejauh ini, belum ada keluhan dari warga seperti suara berisik atau tindak kriminal lainnya. Bahkan warga yang berdagang disekitar lokasi juga ketiban rezeki dengan ramainya orang membeli dagangan,”akunya.

Hal senada juga diungkapkan tokoh masyarakat setempat yang juga anggota DPRD Bengkalis, Rianto yang mengaku mendukung relokasi dari balapan liar hingga menjadi ajang pencarian bakat pembalap Profesional yang nantinya dapat mengharumkan nama daerah.”jika tidak melanggar aturan, ya monggo. Nggak masalah, selagi tujuannya positif, kita dukung,”ujarnya.

Pantauan dilapangan, sejumlah remaja dan kelompok dalam menyalurkan hobinya dengan menggunakan pakaian safety lengkap dan dibawah pengawasan pihak Kepolisian tampak pad Ahad (5/3/23) petang sudah dimulai. Keseruan dan hiburan dadakan masyarakat setempat sudah dimulai hingga harapan sejumlah pihak balapan yang sehat sudah tertata rapi.

GuL ""

https://youtube.com/shorts/DLqOWcJP-9A?feature=share