Air Laut Pasang disertai hujan lebat, TNI-POLRI Himbau Warga

Kamis, 26 Januari 2023

LINGGA - Memasuki hari ke 2 tingginya curah hujan dan disertai  pasang air laut diwilayah Kabupaten Lingga, sejumlah toko, warung kopi, Kantor Polsubsektor Kecamatan Selayar Polsek Daik Lingga dan rumah warga, diwilayah Kecamatan Selayar terendam air laut, Rabu (25/01/2023) sekira pukul 14.30 wib.

Hal ini membuat  aktivitas pusat perbelanjaan terhenti sementara karena toko dan warung kopi digenangi air setinggi kurang lebih 20 cm.

Dari hasil pantauan awak media kami di lokasi, terlihat pihak TNI-Polri, diantaranya Babinsa Koramil 05 Daik, Anggota Pos AL penuba, Kapolsubsektor Polsek Daik lingga, Babinkamtibmas Selayar, dan unit siaga Basarnas, membantu  mengevakuasi sejumlah barang-barang  milik warga yang terkena genangan air laut.

Saat ini juga  masyarakat bersama - bersama melaksanakan Gotong Royong di pinggiran tepi laut yang terdampak akibat curah hujan dan air laut pasang yang mengakibatkan puing-puing naik ke daratan dan rumah warga.

Serda Darmanto, mengatakan, "Hari ini memasuki hari ke 2 air laut pasang menggenangi pertokoan di seputaran Desa Penuba dan rumah warga diwilayah kampung Tanjung Tungga," jelas Serda Darmanto.

"Kami menghimbau kepada masyarakat khususnya pesisir pantai  agar selalu waspada dan berhati-hati, karena dikhawatirkan besok air laut akan kembali naik, 
jika curah hujan tinggi. 
Dan untuk warga yang berprofesi sebagai nelayan agar melihat kondisi cuaca terlebih dahulu ketika hendak melaut," himbau Serda Darmanto.

Hal  yang sama disampaikan Aiptu Andi Saputra, Kapolsubsektor Kecamatan Selayar Polsek Daik Lingga saat ditemui di lapangan mengatakan, "Saat ini kami memberikan himbau Kepada Masyarakat Kecamatan Selayar, untuk selalu waspada terhadap kemungkinan angin kencang dan air laut pasang disertai hujan lebat," ucap Andi Saputra.

Hingga berita ini di rilis kondisi di lapangan masih dalam keadaan aman,dan air laut sudah mulai bergerak surut.