Pemkab Inhu Gelar Percepatan Implementasi E Katalog Lokal bagi OPD dan Pelaku Usaha

Rabu, 14 Desember 2022

TRANSMEDIARIAU.COM, INHU - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indragiri Hulu (Inhu) menggelar acara percepatan Implementasi e katalog lokal bagi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan pelaku usaha/UMKM di lingkungan Pemkab Inhu di Auditorium Yopi Arianto Lt. 4 Kantor Bupati Inhu, Rabu (14/12/22).

Acara yang ditaja oleh Bagian Pengadaan Barang dan Jasa tersebut bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada PPTK dan PPK di organisasi perangkat daerah serta pelaku usaha mengenai pengadaan barang dan jasa melalui e katalog.

Sehingga diharapkan dapat mencapai tingkat efisiensi pengadaan sesuai kualitas dan sasaran yang telah ditetapkan dengan transparansi dan akuntabilitas pengadaan barang dan jasa yang dapat diketahui secara luas.

Kemudian agar tercipta persaingan yang sehat antar sesama penyedia barang dan jasa dan agar dapat melakukan percepatan pengadaan bagi OPD dan pelaku usaha.

Membuka kegiatan tersebut, Sekretaris Daerah Kabupaten Inhu, Hendrizal menyebut indeks tata kelola pengadaan barang dan jasa pemerintah Kabupaten Inhu pada tahun 2021 mendapat predikat kurang dengan nilai 47,59. Hal tersebut, menurut Sekda, kemungkinan disebabkan oleh proses perizinan bagi para pelaku usaha mikro yang belum selesai.

"Saya harap OPD terkait dapat segera memproses perizinan yang telah diajukan oleh para pelaku usaha sehingga usaha kecil di Inhu dapat meningkat dan indeks tata kelola meningkat," imbaunya.

Sekda Hendrizal menambahkan, kegiatan juga dilakukan dalam rangka percepatan peningkatan penggunaan produk dalam negeri dan produk usaha mikro, kecil dan koperasi untuk sesuai dengan Inpres No. 2 Tahun 2022 dan menyukseskan gerakan nasional bangga buatan Indonesia pada pelaksanaan pengadaan barang dan jasa pemerintah di Kabupaten Inhu.

Sebagai Narasumber pada kegiatan tersebut yakni dari biro pengadaan barang dan jasa Provinsi Riau. (Arlendi)