Bupati Inhu Resmikan Balai Penyuluhan KB

Rabu, 30 November 2022

TRANSMEDIARIAU.COM, INHU – Bupati Indragiri Hulu (Inhu), Rezita Meylani Yopi, SE meresmikan Balai Penyuluhan Keluarga Berencana (KB) Kecamatan Lirik dan Kecamatan Pasir Penyu di Gedung Olahraga Desa Sukajadi Kecamatan Lirik, selasa (29/11/22).

Peresmian ini melengkapi keberadaan Balai Penyuluh KB di seluruh Kecamatan yang ada di Kabupaten Inhu untuk membantu melancarkan program Pembangunan keluarga, kependudukan dan keluarga berencana (Bangga Kencana).

Dalam sambutannya Bupati Rezita memberikan apresiasi kepada BKKBN Perwakilan Provinsi Riau dan Dinas Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana Kabupaten Inhu serta pihak ketiga, yang telah merealisasikan dan menyelesaikan pembangunan Balai Penyuluh KB tersebut.

“Semoga keberadaan Balai Penyuluh KB ini semakin memudahkan koordinasi dan sinkronisasi serta pelayanan keluarga berencana,” ucapnya.

Rezita juga berharap keberadaan balai penyuluh KB  benar-benar termanfaatkan sebagai penunjang kinerja dan sarana serta mendukung keberhasilan Program Pembangunan Bangga Kencana yang salah satu upaya prioritasnya adalah percepatan penurunan stunting.

Terkait percepatan penurunan stunting, Bupati Rezita menyebut merupakan tanggung jawab semua sektor, semua elemen dan Semua stakeholder, bukan hanya pemerintah daerah saja tetapi swasta dan organisasi masyarakat harus berkomitmen terhadap percepatan penurunan stunting.

“Karena itu, saya mengajak seluruh perangkat daerah untuk melakukan upaya yang sama sehingga tingkat prevalensi stunting di Inhu pada tahun 2024 menjadi zero dapat kita capai," pungkasnya.

Pada kesempatan itu, Bupati Rezita juga mengukuhkan Bapak Asuh Dan Bunda Asuh Stunting Inhu berdasarkan Surat Edaran Bupati Indragiri Hulu Nomor : 444/Dppkb-Ks/537 Tanggal 4 Agustus 2022 yang ditandai dengan pemasangan selempang kepada komandan Kodim 0302 Inhu dan perwakilan PT. Tunggal Perkasa Plantation (TPP) selaku Bapak Asuh dan Ketua Persit Kartika Candra Kirana Cabang Kodim 0302 Inhu selaku Bunda Asuh.

Selanjutnya Bupati didampingi Kepala BKKBN Provinsi Riau menyerahkan bantuan asupan gizi terhadap anak yang beresiko stunting dari Pemkab Inhu dan PT. Tunggal Perkasa Plantations, penyerahan BKB KIT Stunting dan BKB KIT Siap Nikah serta kendaraan operasional Balai Penyuluh KB.

Turut hadir dalam acara tersebut, Jajaran Forkopimda Inhu, Asisten Perekomian dan Kesra, H. Syahrudin, S.Sos, MT, Plt. Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Joni Maryanto, S.Pi, M.Si dan Kepala OPD lainnya, Pimpinan BUMN, BUMD, Camat, Kepala Desa, tokoh masyarakat dan tamu undangan lainnya. (Arlendi)