Dinas Pangan,Tanaman Pangan,Holtikultura dan Peternakan Inhil Laksanakan Bimtek Penyuluh dan Petani

Senin, 28 November 2022

INHIL- Dinas Pangan,Tanaman Pangan,Holtikultura dan Peternakan(DPTPHP) Kabupaten Indragiri Hilir(Inhil) melaksanakan bimbingan teknis(Bimtek) penyuluh dan petani yang laksanakan di Hotel Arista Tembilahan,senin(28/11/2022).

Kegiatan tersebut dibuka oleh bupati Inhil HM Wardan di hadiri oleh para penyuluh dan petani di Inhil.

Pada sambutannya Bupati HM.Wardan mengatakan, Kabupaten Inhil adalah merupakan wilayah yang dikenal sebagai lumbung pangan di Provinsi Riau.

Dikatakannya, pada tahun 2021, jumlah produksi padi di Kabupaten Inhil adalah 65.755,10 ton dengan produktivitas 4,2 Ton/Ha. Jumlah produksi beras sebanyak  37.737,13 ton dengan jumlah konsumsi beras masyarakat adalah sebanyak 65.287,17 ton.

Hal ini berarti bahwa terdapat kekurangan beras sebanyak 27.550,04 ton yang harus dipenuhi dari luar Kabupaten Inhil. Angka konsumsi beras yang tinggi tidak berbanding lurus dengan angka produksi padi sehingga pada akhirnya dapat berpengaruh terhadap ketahanan pangan daerah.

Menyikapi hal tersebut maka Pemerintah Kabupaten Inhil melalui DPTPHP perlu mengambil langkah-langkah strategis agar pemenuhan kebutuhan pangan daerah khususnya beras tetap terjaga dan tercukupi dengan baik. 

"Diharapkan agar Program-program kegiatan difokuskan pada peningkatan sumber daya manusia penyuluh dan petani, penggunaan benih unggul bermutu, pengendalian OPT secara terpadu untuk keberlangsungan produksi tanaman pangan dalam rangka mendukung ketersediaan pangan daerah,"ujar Bupati.

Dengan dilaksanakannya kegiatan
bimbingan teknis penyuluh dan petani tersebut Bupati berharap mampu mengembalikan kejayaan pangan di kabupaten Inhil sebagai lumbung pangan di Riau.

Kepada peserta Bimtek,  Bupati berpesan untuk mengikuti dengan sungguh sungguh sehingga ilmu yang di dapat dari pemateri mampu diterapkan.

"Pelajarilah ilmu yang diberikan oleh pemateri sehingga kembalinya nanti pulang mendapatkan bekal untuk di praktekkan dilapangan,"Pesannya.

Sementara itu Kepala Dinas Pangan,Tanaman Pangan,Holtikultura dan Peternakan Kabupaten Inhil, H.Fajar Husin,SH.,MH mengtakan pelaksanaan bimbingan teknis tersebut dalam rangka meningkatkan kemampuan penyuluh dan Poktan dalam peningkatan produksi hasil pertanian.

"Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari, yang di ikuti sebanyak seratus peserta dari penyuluh dan petani yang ada di Inhil,"ujarnya.

Ia berharap dengan kegiatan tersebut peserta mampu menggali ilmu yang diberikan pemateri untuk diterapkan sehingga produksi padi di Inhil dapat meningkat sesuai yang di harapkan bupati.

Pada kegiatan tersebut juga dilaksanakan penyerahan bantuan bagi Gapoktan oleh Bupati Inhil HM.Wardan.