Menteri Risma Kunjungi Anak Korban Kekerasan Ayah Tiri di Inhu

Kamis, 03 November 2022

TRANSMEDIARIAU.COM, INHU - Menteri Sosial Republik Indonesia, Tri Rismaharini memberi respon atas kasus kekerasan terhadap anak yang terjadi di Riau, Kamis (3/11/2022). Ia datang mengunjungi MR (10) anak korban kekerasan oleh bapak tirinya dan kakaknya NM.

Kedatangan Menteri Risma disambut oleh Bupati Indragiri Hulu, Rezita Meylani Yopi beserta Forkopimda Inhu dan Kepala OPD di lingkup Pemkab Inhu.

Seperti diketahui, penyiksaan yang dialami MR oleh bapak tirinya Zulkifli terjadi di tempat tinggal ibu kandung dan bapak tirinya di Desa Rimbo Panjang, Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar.

Sedangkan kakaknya NM yang tinggal terpisah bersama ayah kandungnya Yurnalis di Pasir Penyu, Kabupaten Inhu turut menjadi korban pelecehan seksual oleh ayahnya.

Kini, MR dan saudaranya ikut tinggal di rumah kontrakan bersama bibinya di Desa Candirejo, Kecamatan Pasir Penyu, Kabupaten Indragiri Hulu.

"Saya membayangkan jika ini terjadi pada saya, ketika persaudaraan yang hidup saling terpisah, kemudian tinggal di suatu tempat dan mengalami peristiwa sepeti ini. Seandainya ini terjadi pada kita, itulah yang membuat saya datang kesini," tutur Mensos Risma dengan suara yang bergetar.

Risma menjanjikan akan membangunkan rumah untuk keluarga MR agar nantinya MR bersama kakak dan abangnya dapat tinggal bersama."Nanti setelah ini saya harap mereka bisa tinggal bersama, meskipun orang tuanya saat ini berada di suatu tempat," terangnya.

Sementara untuk pemulihan bagi MR, Risma akan menjadwalkan pengobatan dan terapi di Balai Rehabilitasi di Solo, Jawa Tengah.

Risma menegaskan bahwa upaya pencegahan kekerasan terhadap anak menjadi tanggung jawab semua pihak. 

"Kita semua harus bergerak, tidak hanya mengandalkan pemerintah. Harus dibangun kebersamaan bahwa seluruh anak di Indonesia adalah anak kita. Kita orang dewasa tidak berhak menyakiti mereka," tegas Risma.

Selain bantuan rumah, Risma juga memberi santunan kepada MR dan keluarga berupa bingkisan mainan, sepeda dan perlengkapan sekolah.

Ditemui di tempat terpisah, Bupati Inhu, Rezita Meylani Yopi mengucapkan terima kasih atas kehadiran dan perhatian Menteri Sosial, Tri Rismaharini.

Menurutnya, selain dari pemerintah daerah kehadiran serta respon Menteri Risma diharapkan menjadi motivasi dan dukungan bagi perkembangan MR, kakak dan abangnya kedepannya.

Sementara terkait masa depan pendidikan NM, Rezita mengatakan bahwa pemerintah daerah akan berupaya supaya ia dapat kembali bersekolah.

Agenda terakhir Menteri Risma di Inhu yaitu mengunjungi dan menyerahkan bantuan kepada Suku Talang Mamak di Desa Talang Jerinjing Kecamatan Rengat Barat. (Arlendi)