Puluhan Randis Sekdakab Inhu Diperiksa BPK

Rabu, 05 Oktober 2022

TRANSMEDIARIAU.COM, INHU - Puluhan kendaraan dinas (Randis) di lingkungan Sekretariat Daerah Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) diperiksa oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Riau. Pemeriksaan dilakukan di halaman kantor Bupati Inhu, Rabu (5/10/22).

Pengurus barang Setdakab Inhu, Tirta menyebut bahwa BPK melakukan pemeriksaan dalam rangka pengamanan aset daerah yang merupakan fokus dalam management aset yang efektif dalam pengelolaan barang milik daerah.

Dijelaskannya, pemeriksaan dilakukan untuk menilai bagaimana pemanfaatan Randis  di Pemkab Inhu yang meliputi pengecekan fisik berupa pemeriksaan nomor rangka dan mesin dan memastikan perawatan bagi kendaraan dinas tersebut khususnya bagi randis milik Setdakab Inhu.

Disampaikan bahwa BPK Perwakilan Riau memilih Kabupaten Inhu sebagai sampel untuk pemeriksaan kendaraan dinas beserta Kabupaten Siak dan Provinsi Riau.

Tirta juga menjelaskan bahwa sebelumnya BPK juga telah memeriksa Randis di 12 OPD sebagai sampel dan akan terus dilanjutkan ke seluruh OPD menjelang tanggal 25 Oktober 2022.

Terkait hasil pemeriksaan pihaknya belum bisa memastikan, karena belum seluruh OPD diperiksa sehingga hasilnya belum bisa diketahui.

"Kita belum bisa memastikan hasil dari pemeriksaan tersebut, sebab proses audit manajemen aset masih berlangsung" pungkas Tirta. (Arlendi)