Komisi IV DPR RI Tinjau Lahan Ex Tambang di Kampung Gisi Kabupaten Bintan

Kamis, 15 September 2022

TRANSMEDIARIAU.COM - Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI dan rombongan melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau dalam rangka Kunjungan Kerja Spesifik Masa Sidang I Tahun 2022-2023 ke Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau.

Rombongan pun disambut langsung oleh Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan di lokasi ex penambangan bauksit dalam kawasan hutan site PT. Cahaya Tauhid Alam Bestari, Kp. Gisi, Jalan Lintas barat No. 24, Tembeling, Kec. Teluk bintan, Kamis siang (15/9). 

Kunker Komisi IV DPR RI tersebut bertujuan untuk melihat secara langsung kondisi reklamasi yang dilakukan. Kabupaten Bintan sebagai daerah yang memiliki tambang bouksit tentu memiliki banyak dampak yang terjadi khususnya lagi dampak lingkungan.

Dalam kunjungan tersebut, Plt Bupati Bintan merasa gembira dimana dengan kunjungan kerja terkait permasalahan ex tambang yang terjadi dapat dibantu untuk disampaikan kepada Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI. 

"Tadi disampaikan anggota Komisi IV DPR RI bahwa mereka akan menyampaikan ke Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI. Dan untuk masyarakat, kita juga berpesan bilamana melihat indikasi pertambangan ilegal, masyarakat jangan sungkan atau takut untuk menyampaikan ke Pemerintah atau pihak terkait, segera laporkan" ujarnya. 

Hasil akhir dari Kunker ini diharapkan setiap lokasi yang dulunya menjadi lahan pertambangan bisa dipugar kembali atau dimanfaatkan menjadi sesuatu hal yang lebih memberi maslahat. Di sini lah Roby berharap agar seluruh masyarakat bisa bersama-sama mendukung dan mengawasi Bintan tercinta ini. 

"Masyarakat adalah satu satu mata Pemerintah. Bersama kita awasi, kita jaga semua kekayaan alam yang ada. Ini kekayaan kita dan kita manfaatkan dengan cara yang benar, dengan azas kelestarian" pungkasnya.

Kunjungan kerja anggota komisi IV berjumlah 20 orang terdiri dari Sudin SE selaku Ketua Tum dari Fraksi PDIP , Rusdi Masse Mappasesu dari Fraksi Nasdem, serta beberapa Fraksi lainnya.