Sekda Hendrizal Buka FGD Dukung Suku Talang Mamak di Kawasan TNBT

Rabu, 14 September 2022

TRANSMEDIARIAU.COM, INHU - Sekretaris Daerah Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Hendrizal membuka Focus Grup Discussion (FGD) Kolaborasi Multi Pihak Berbasis Konservasi dalam Mendukung Keberadaan Masyarakat Tradisional Suku Talang Mamak Dalam Kawasan Taman Nasional Bukit Tiga Puluh (TNBT) di Ruang Narasinga Lantai 2 Kantor Bupati, Rabu pagi (14/9/22).

FGD ini bertujuan untuk mengidentifikasi kondisi kawasan TNBT dan masyarakat yang tinggal didalam kawasan TNBT tersebut dengan jumlah peserta sebanyak 61 orang yang berasal dari 27 Instansi/Lembaga dan Narasumber yaitu Dr. Afni Zulkifli, S.AP., M.Si (Tenaga Ahli Menteri LHK/Dosen Universitas Lancang Kuning Pekanbaru) dan Dr. Anto Ariyanto, S.Si., M.Si (Dosen Universitas Lancang Kuning Pekanbaru, Riau).

Membacakan sambutan Bupati, Hendrizal mengatakan TNBT merupakan kawasan pelestarian alam yang mempunyai ekosistem asli, dikelola dengan sistem zonasi yang dimanfaatkan untuk tujuan penelitian, ilmu pengetahuan, pendidikan, menunjang budidaya, pariwisata dan rekreasi.

Dijelaskan, TNBT yang memiliki tipe ekosistem hutan hujan tropis dataran rendah yang menyimpan keanekaragaman hayati yang cukup tinggi dan kita ketahui kawasan TNBT juga merupakan tempat tinggal bagi masyarakat tradisional seperti Suku Talang Mamak, Suku Kubu/ Anak Dalam (Orang Rimba) dan Suku Melayu Tua. 

Namun demikian masih terdapat permasalahan terkait aspek pendidikan, kesehatan dan upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat Suku Talang Mamak. "Maka dari itu perlu perhatian dan kepedulian dari kita semua untuk memperhatikan nasib masyarakat Suku Talang Mamak, dimana keberadaannya menentukan lestari atau tidaknya kawasan hutan TNBT yang menjadi penyangga kehidupan kita," ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati mengapresiasi Balai TNBT atas pelaksanaan FGD ini, sebagai bukti kepedulian TNBT dalam mendukung keberadaan Suku Talang Mamak.

"Semoga FGD ini menghasilkan output berupa bentuk kolaborasi multipihak dengan Balai TNBT, Rencana Aksi dan Strategi selama 5 Tahun ke depan dan Sumber Pembiayaan, saran serta masukan menuju pengelolaan kawasan TNBT yang lebih baik, terkait dengan pemantapan kawasan, kelembagaan, operasional, serta integrasi penanganan kawasan sampai dengan pemberdayaan masyarakat," harap Bupati.

Tampak hadir Ketua Komisi IV DPRD Inhh, Ketua LAMR Inhu, Perangkat Adat Desa Rantau Langsat, Ketua Yayasan Pelita Talang Mamak, Ketua Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) Inhu, Jajaran Mitra Balai TNBT (Country Representative, Frankfurt Zoological Society, Yayasan, PKHS, KKI Warsi), Thomas Oni Veriasa, sebagai Fasilitator, Kepala OPD terkait, Perwakilan Polres, perwakilan Kodim 0302 Inhu, Kepala KPH Indragiri, Kades Rantau Langsat, Kepala Puskesmas Batang Gansal, Kepala Sekolah SDN 004 Rantau Langsat serta undangan lainnya. (Arlendi)