Kian Populer, Kenali Kelebihan dan Kekurangan Handuk Microfiber

Selasa, 13 September 2022

TRANSMEDIARIAU.COM - Handuk menjadi item wajib dimiliki bagi setiap orang untuk keperluan sehari-hari. Karena digunakan langsung menyentuh kulit, penting untuk memperhatikan bahan handuk. Handuk microfiber yakni handuk berbahan kain microfiber menjadi bahan yang cukup populer.

Tentu bukan tanpa alasan, bahan microfiber memiliki keunggulan yang menjadikannya populer untuk bahan handuk. Namun selain memiliki keunggulan ada pula sisi kekurangannya yang perlu diketahui. Berikut kelebihan dan kekurangan handuk berbahan microfiber:

- Memiliki kemampuan daya serap yang tinggi

Handuk digunakan setelah mandi atau sehabis aktivitas air seperti berenang. Karenanya bahan dengan daya serap tinggi yang dapat mengeringkan dengan cepat sangat direkomendasikan dan bahan microfiber memiliki kelebihan tersebut.

Daya serap handuk microfiber dengan daya serap yang tinggi terhadap air dapat lebih cepat mengeringkan tubuh, termasuk mengeringkan rambut sehabis keramas. Karena kelebihan tersebut bahan microfiber sangat direkomendasikan terutama untuk handuk renang.

- Memiliki muatan listrik positif

Keistimewaan bahan microfiber dibandingkan bahan lainnya adalah di dalamnya terdapat kandungan muatan positif. Bukan berarti bahan microfiber dapat memicu sengatan listrik, muatan positif ini memberi kemampuan membersihkan kotoram hingga lemak lebih efektif.

Muatan positif di dalam material microfiber secara tidak langsung membuat lebih cepat dalam proses pembersihan kotoran dengan menariknya.

- Cepat kering tidak mudah berjamur

Selain lebih cepat menyerap air, bahan microfiber juga memiliki kemampuan kecepatan proses pengeringan. Mungkin Anda juga sering mendapati karena terlalu basah setelah digunakan, handuk menjadi lembab dan lama-kelamaan berjamur. Dengan bahan microfiber Anda tidak perlu mengkhawatirkan hal tersebut.

Sekalipun digunakan untuk mengusap dan mengeringkan permukaan yang basah kuyup, bahan microfiber akan segera mengering. sifat yang mudah kering membuat tidak mudah mengalami kelembaban sehingga tidak mudah ditumbuhi jamur.

- Lebih awet dibanding bahan lain

Karena kelebihan yang dimiliki bahan microfiber di atas membuat handuk dengan material microfiber lebih awet dibandingkan bahan lain. Karena handuk yang lembab dan berjamur dapat membuat serat-serat kain lapuk dan cepat rusak.

Karena bahan microfiber cepat kering bahkan tidak perlu dijemur di bawah matahari, tidak perlu khawatir handuk cepat rusak. Selama mendapat perawatan tepat handuk dapat digunakan dalam waktu lama bahkan setelah dicuci berkali-kali tidak menghilangkan efektifitasnya.

Setelah mengetahui kelebihan handuk berbahan microfiber, Anda juga harus tahu sisi 
 kekurangannya. Sebagai pertimbangan, berikut di antara kekurangan handuk dengan bahan microfiber:

1. Harga lebih mahal

Untuk mendapatkan handuk berbahan microfiber yang memiliki efektivitas tinggi dalam menyerap air, Anda perlu membayar dengan harga mahal. Handuk berbahan microfiber hingga dua kali lipat lebih mahal dari handuk biasa.

2. Kurang cocok untuk wajah

Muatan positif pada bahan microfiber kurang cocok untuk mengusap wajah, terutama yang memiliki masalah wajah kering. Sebab bahan ini dapat menyerap minyak alami wajah yang berguna menjaga kelembaban alami kulit wajah.

3. Mudah mengering dan kaku

Handuk dengan bahan microfiber sebaiknya tidak dijemur di bawah sinar matahari langsung, sebab bisa mengering dan kaku. Karenanya perlu mendapat perawatan yang tepat agar handuk microfiber selalu nyaman digunakan.

Itulah kelebihan dan kekurangan handuk microfiber, jika dibandingkan kelebihannya lebih banyak dari kekurangannya. Untuk harga sebenarnya tidak bisa dibilang kekurangan karena harga yang mahal selaras dengan kualitas yang diberikan. Tinggal pilih berdasarkan pertimbangan kebutuhan dan penggunaan.