Dinas Kominfo dan Perpustakaan Inhu Bahas Penggunaan Aplikasi Srikandi

Senin, 22 Agustus 2022

TRANSMEDIARIAU.COM, INHU - Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Jawalter menerima kunjungan kerja Plt. Kepala Dinas Perpustakaan Inhu, Joni Maryanto di Ruang Kerja Kadis Kominfo Inhu Pematang Reba, Senin (22/08/22).

Dalam kunjungannya, Plt. Kadis Perpustakaan didampingi oleh Sekretaris, Suharmiyati dan staf pendamping untuk membahas penggunaan dan pengoptimalan aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (Srikandi).

Jawalter menyebut, pada era digitalisasi sekarang ini, seluruh naskah kearsipan serta naskah surat menyurat sudah menggunakan sistem elektronik seperti Tanda Tangan Elektronik (TTE) dan lainnya. 

"Karena itu, perlu dibahas pengunaan aplikasi Srikandi secara optimal untuk mempermudah pekerjaan OPD," sebutnya.

Jawalter berharap aplikasi Srikandi dapat dilaunching penggunaannya oleh Bupati Rezita Meylani Yopi agar penggunaannya dapat dikembangkan.

"Jika aplikasi sudah selesai, kita harap Bupati dapat melaunching agar bisa dikembangkan," kata Jawalter.

Pada kesempatan itu, Joni Maryanto menyampaikan bahwa penerapan aplikasi Srikandi di Inhu termasuk no.5 se-Sumatera dan Jawa yang sudah mendapatkan Akun Srikandi Live. Menurutnya, hal tersebut sangat membanggakan dan dapat dijadikan motivasi untuk menggunakan aplikasi Srikandi secara optimal.

"Prinsip aplikasi Srikandi ini yaitu mengubah kearsipan manual kepada elektronik dan dapat membantu OPD dalam melakukan pekerjaan," pungkas Joni.

Pada akhir pertemuan, Ahli Muda Sandiman pada Bidang E-Government Dinas Kominfo Inhu, Awirianto memperlihatkan teknis penggunaan Aplikasi Srikandi.

Reporter : Arlendi