Wabup Junaidi Sampaikan Nota Keuangan RAPBD Tahun Anggaran 2023

Rabu, 10 Agustus 2022

TRANSMEDIARIAU.COM, INHU - Wakil bupati Indragiri hulu, Junaidi Rahmat menyampaikan nota keuangan dan rancangan peraturan daerah tentang APBD tahun anggaran 2023 pada rapat paripurna DPRD Kabupaten Inhu di Pematang Reba, Rabu (10/8/2022).

Junaidi menyebut nota keuangan RAPBD tahun 2023 secara umum yaitu pendapatan daerah secara total sebesar Rp. 1,291 truliun yang bersumber dari PAD sebesar Rp. 137,66 miliar dan pendapatan transfer sbesar Rp. 1,153 triliun.

Sementara itu, belanja daerah sebesar Rp. 1,550 triliun, yang terdiri dari belanja operasi Rp. 1,145 triliun untuk alokasi belanja pegawai, belanja barang dan jasa, belanja hibah serta belanja bantuan sosial. 

Belanja modal sebesar Rp. 142,64 miliar yang secara langsung mendukung prioritas pembangunan pemerintah pusat, pemerintah provinsi dan pemerintah daerah.

Belanja tak terduga sebesar Rp. 15,65 miliar yang merupakan pengeluaran untuk keadaan darurat dan belanja transfer sebesar Rp. 246,88 miliar yang merupakan belanja bagi hasil pajak dan retribusi ke pemerintah desa serta bantuan keuangan ke pemerintah desa.

Selanjutnya, penerimaan pembiayaan daerah direncanakan sebesar Rp. 258,84 milyar yang merupakan angka perkiraan dari sisa lebih perhitungan anggaran tahun sebelumnya. 

Wabup menghimbau kepada seluruh pimpinan organisasi perangkat daerah untuk dapat menghadiri undangan DPRD Inhu untuk membahas RAPBD 2023 sesuai jadwal yang telah ditetapkan.

"Walaupun pada hari libur dan di luar jam kerja," tegasnya.

Hal tersebut dimaksudkan agar tidak ada kendala dalam pembahasannya dan dapat diselesaikan dalam waktu yang tidak terlalu lama.

Rapat paripurna dipimpin oleh Wakil Ketua I DPRD Inhu, Masyrullah dan dihadiri oleh Wakil Ketua II DPRD Inhu, Suwardi Silitonga, Plt Sekretaris DPRD Inhu, Boyke D.E. Sitinjak, Sekretaris Daerah Inhu, Hendrizal, Anggota DPRD Inhu, Kepala OPD di lingkungan Pemkab Inhu dan para camat se-Kabupaten Inhu.

Reporter : Arlendi