Pemkab Inhu Gelar Sosialisasi Penilaian Inovasi Daerah

Rabu, 03 Agustus 2022

TRANSMEDIARIAU. COM, INHU - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indragiri Hulu (Inhu) menggelar sosialisasi penilaian inovasi daerah tingkat kabupaten tahun 2022.

Acara sosialisasi dibuka oleh Asisten Administrasi Umum, Erlina Wahyuningsih di Aula Bappeda Pematang Reba, Rabu. 

Mewakili Bupati Inhu, Erlina mengatakan bahwa pemerintah pusat akan melakukan penilaian terhadap inovasi yang dilakukan pemerintah daerah. Hasil penilaian akan diberikan berupa penghargaan dan insentif kepada daerah yang memenuhi standar penilaian tersebut.

Penilaian inovasi daerah bertujuan untuk mendorong dan memotivasi pemerintah provinsi dan kabupaten/kota dalam melakukan inovasi penyelenggaraan pemerintahan.

Kemudian untuk mendorong kompetisi antar pemerintah daerah untuk meningkatkan pelayanan terbaik bagi masyarakat. 

"Untuk itu, melalui sosialisasi ini, Bupati mengajak seluruh instansi agar berkomitmen melakukan inovasi agar tercipta e-governance di Kabupaten Inhu," katanya.

Erlina menambahkan salah satu indikator pemberian TPP adalah berdasarkan penilaian inovasi yang dilakukan daerah.

Sementara itu, Kepala Bidang Perencanaan dan Litbang Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Inhu, Heri Ferdian menjelaskan bentuk penilaian inovasi daerah meliputi tatabkelola pemerintahan, pelayanan publik dan inovasi dalam bentuk lainnya.

Sedangkan kriteria penilaiannya adalah harus berupa pembaharuan, jelas manfaatnya, untuk kepentingan publik, merupakan urusan dan kewenangan pemerintah daerah dan dapat direplikasi oleh pemerintah daerah lain.

"Jenis-jenis inovasi yang dipersyaratkan dapat berupa digital dan non digital dan inovasi tersebut minimal sudah digunakan selama dua tahun," pungkas Heri.

Reporter : Arlendi