Pemkab Inhu Gelar Workshop Penanganan Konflik Sosial

Rabu, 27 Juli 2022

TRANSMEDIARIAU.COM, INHU- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indragiri Hulu (Inhu) melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) menggelar workshop Penanganan Konflik Sosial di Kabupaten Inhu di Ruang Auditorium Yopi Arianto Lt. 4 Kantor Bupati Inhu, Rabu.

Workshop dibuka langsung oleh Bupati Indragiri Hulu, Rezita Meylani Yopi, SE.

Dalam sambutannya Bupati Rezita  menyampaikan bahwa dalam rangka menciptakan kondisi sosial, hukum dan keamanan yang kondusif untuk mendukung kelancaran pembangunan nasional dan daerah diperlukan langkah penanganan konflik sosial, penghentian konflik dan pemulihan pasca konflik. 

Karenanya, Bupati Rezita berharap workshop yang dilaksanakan dapat menghasilkan rekomendasi yang mampu menjawab berbagai permasalahan konflik sosial yang sedang dan akan dihadapi.

Rezita juga menegaskan agar Forkopimcam mampu mengoptimalkan fungsi deteksi dini, sehingga permasalahan yang terjadi di wilayahnya dapat tertangani lebih cepat dan tepat dengan melibatkan tokoh masyarakat, agama dan pemuda serta unsur lainnya.

Sementara itu ketua panitia, Kaban Kesbangpol Kabupaten Inhu, Bambang Indramawan mengatakan workshop bertujuan melaksanakan koordinasi dan menyamakan persepsi antara forkopimda dan forkopimcam sehingga dapat mengoptimalkan peran masing-masing untuk mencegah terjadinya konflik di lapangan.

Workshop tersebut diikuti 50 orang yang terdiri dari unsur Forkopimda dan Forkopimcam se-Kabupaten Inhu dengan narasumber Kabag OPS. Dodi Zulkarnain dari Polres Inhu dan Kasidatun, Maritus Hamdani dari Kejari Inhu.

Reporter : Arlendi