Bupati Rezita Harap Komitmen Semua Pihak untuk Percepatan Penurunan Stunting di Inhu

Rabu, 29 Juni 2022

TRANSMEDIARIAU.COM, INHU - Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) menggelar acara rembuk stunting Tahun 2022 di Auditorium Yopi Arianto Lt. IV Kantor Bupati Inhu, Rabu pagi.

Rembuk stunting digelar oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Inhu untuk membahas aksi konvergensi percepatan penurunan stunting secara terintegrasi di Kabupaten Indragiri Hulu tahun 2022.

Bupati Inhu Rezita Meylani Yopi dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada semua pihak atas terselenggaranya rembuk stunting di Kabupaten Inhu.

Bupati Rezita berharap tercipta komitmen dari semua pihak untuk percepatan penurunan stunting di Kabupaten Inhu khususnya 10 desa yang menjadi lokus pelaksanaan percepatan stunting.

"Saya berharap tercipta komitmen dari semua pihak, khususnya 10 desa lokus percepatan stunting," ucap Bupati.

Rezita juga berharap agar semua pihak dapat berkontribusi terhadap percepatan penurunan stunting di Kabupaten Inhu.

Seperti diketahui angka stunting di Kabupaten Inhu sebesar 23,6 persen pada tahun 2021. Untuk itu perlu dilakukan aksi konvergensi sehingga diharapkan pada tahun 2023 turun dibawah 14 persen.

Sementara itu, Kadis Kesehatan Kabupaten Inhu, Elis Julinarti mengatakan terdapat dua intervensi yang dilakukan untuk mengatasi stunting yaitu intervensi spesifik yang merupakan kegiatan untuk mengatasi penyebab langsung terjadinya stunting dan intervensi sensitif untuk mengatasi penyebab tidak langsung terjadinya stunting.

Aksi konvergensi dilakukan untuk menurunkan prevalensi stunting, peningkatan komitmen, peningkatan perilaku, peningkatan intervensi, peningkatan penguatan gizi dan penguatan informasi kepada masyarakat tentang stunting.

Selain itu untuk meningkatkan pengetahuan dan kepedulian pemerintah serta komitmen bersama semua pihak untuk bersama-sama memberikan kontribusi terhadap penurunan stunting di Kabupaten Inhu.

Dalam acara dilakukan penyerahan piagam penghargaan secara simbolis kepada 10 Desa/Kelurahan yang menjadi Lokasi Fokus (Lokus) pelaksanaan percepatan dan pencegahan anak stunting tahun 2022 di Kabupaten Inhu.

Selain itu, dilakukan juga penandatanganan komitmen bersama semua pihak untuk melakukan percepatan penurunan stunting di Kabupaten Inhu.

Hadir dalam acara Wakil Bupati Inhu, Junaidi Rachmat, Forkopimda, para Kepala OPD, Perwakilan Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Camat se-Kabupaten Inhu, para Kepala Desa melalui virtual dan instansi terkait lainnya.

Reporter : Arlendi