Pemkab Inhu Hadiri Kick Off HUT BPJS Kesehatan Ke-54

Kamis, 16 Juni 2022

TRANSMEDIARIAU.COM, INHU - Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) menghadiri kick off Hari Ulang Tahun (HUT) Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan ke-54 di Aula Hotel Irma Bunda Pematang Reba, Kamis.

Kepala Kantor BPJS Kesehatan Kabupaten Inhu, Maucensia Septrina Nababan melalui Kabid Penjaminan Manfaat, Elinda Rahayu mengatakan dalam rangka menyambut HUT ke-54, BPJS Kesehatan mengadakan serangkaian kegiatan yakni kompetisi Duta Sehat JKN dan kompetisi untuk Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) seperti Puskesmas, Klinik Pratama dan Dokter Praktik Perorangan. 

Kemudian Kompetisi untuk Rumah Sakit, Kompetisi untuk Badan Usaha, Kompetisi untuk Aparatur Peduli JKN, Kompetisi untuk Petugas PPIP di RS/FKTP dan Kompetisi untuk Media.

Kompetisi berlangsung selama satu bulan dan pemenang dari semua kompetisi akan diumumkan pada puncak acara HUT tanggal 15 Juli 2022.

Lebih lanjut Elinda menyampaikan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk lebih mengenalkan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan manfaatnya kepada masyarakat.

"Kita ingin mensejahterakan rakyat dan memerdekakan kesehatan mereka serta tidak ada risiko pembiayaan yang tinggi melalui program yang telah direncanakan," terangnya.

Di kegiatan itu juga dilakukan pemberian penghargaan kepada FKTP Penilaian Kapitasi Berbasis Kinerja (KBK) terbaik di Kabupaten Inhu yakni Terbaik I Klinik Medissra, Terbaik II dokter Uspa Nilawati dan Terbaik III Polkes 01.10.10 Rengat.

Pemkab Inhu yang diwakili oleh Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan dan Kesra, Evy Irma Junita Manurung menyampaikan apresiasi terhadap kegiatan yang diselenggarakan. Juga terhadap penilaian Kapitasi Berbasis Kinerja (KBK) terhadap FKTP se-Inhu.

"Semoga hasil ini memberi semangat bagi yang lainnya untuk mengembangkan inovasi dan kreasi dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat menjadi pelayanan prima yang tidak terbatas pada kuratif rehabilitatif tapi juga pada upaya promotif dan preventif," harapnya.

Evy juga berharap agar terus tercipta sinergi serta komunikasi yang baik dengan BPJS Kesehatan termasuk dalam menyikapi keluhan dan permasalahan yang ada baik dari masyarakat maupun fasilitas kesehatan yang ada.

Pada kesempatan tersebut, BPJS Kesehatan  menyerahkan plakat kepada Pemkab Inhu sebagai tanda ucapan terima kasih atas kerjasama dan dukungan terhadap program JKN di Inhu.

Reporter : Arlendi