7 Tips Mengajari Anak untuk Menabung Sejak Dini

Senin, 06 Juni 2022

TRANSMEDIARIAU.com - Setiap orang tua seharusnya memberi bekal pendidikan finansial kepada anak sejak dini, seperti bagaimana mengajari anak menabung. Hal ini bertujuan agar anak sudah terbiasa menabung ketika ia dewasa dan mampu mengelola keuangannya secara bijaksana.

Proses memahamkan pentingnya menabung pada anak memang membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Oleh sebab itu, memulai dengan kebiasaan menabung sejak usia dini sangat penting.

Cara Mengajari Anak untuk Gemar Menabung

Mengajarkan anak untuk menabung bisa dibilang susah-susah gampang, akan tetapi bukan berarti tidak bisa dilakukan. Anda harus memulai dengan memberikan pemahaman terkait menabung dan apa manfaat yang dapat diperoleh dengan menabung. Nah, inilah 7 cara untuk mengajari anak agar mereka gemar menabung.

1. Mengenalkan Konsep Menabung

Mengenalkan konsep menabung merupakan langkah pertama mengajari anak untuk terbiasa menabung. Anda dapat mengajarkan dengan penjelasan yang menarik, ringan, dan mudah dimengerti. 

Kenalkan terlebih dahulu terkait apa itu perilaku menabung dan manfaat yang bisa kita peroleh dengan menabung. Anda dapat memulai dari perilaku yang kecil, misalnya saja jika ingin membeli sesuatu maka harus mengumpulkan uang terlebih dahulu.

Dengan demikian, anak akan mengerti bahwa untuk memenuhi keinginannya kita harus mengumpulkan uang terlebih dahulu. Ajari mereka untuk menyisihkan uang sedikit demi sedikit agar anak selalu termotivasi untuk menabung.

2. Memberikan Celengan Lucu

Setelah memberikan pemahaman terkait menabung, ada baiknya untuk menunjang pemahaman tersebut dengan memberikan media untuk mempraktikkan menabung. Salah satunya dapat menggunakan celengan.

Anak akan mengetahui fungsi dari celengan dan bisa memulai kebiasaan untuk menabung. Memberikan celengan berbentuk karakter yang disukai anak merupakan salah satu cara mengajari anak menabung.

Celengan yang lucu dapat menarik minat anak untuk menabung. Bahkan, jika celengan tersebut merupakan karakter yang ia sukai pasti anak akan bersemangat untuk menabung.

3. Memberikan Contoh Kepada Anak

Mengajarkan anak terkait suatu hal positif akan lebih efektif dengan memberikan contoh langsung. Anda dapat mengajari anak dengan hal-hal kecil, seperti mengajaknya menabung ke bank.

Sebelum membuatkan rekening tabungan sendiri, ada baiknya untuk membiasakan terlebih dahulu bagaimana menabung di bank. Berikan pemahaman pada anak bagaimana cara menabung di bank.

Menunjukkan uang tabungan di bank juga dapat memotivasi anak untuk menabung. Dengan mengenal menabung, anak akan terbiasa dengan konsep hidup hemat. Ini akan membuat anak lebih gemar menabung hingga ia dewasa.

4. Memberikan Jatah Uang Jajan Anak

Memberikan jatah uang jajan anak juga dapat melatih anak mengatur keuangannya sendiri. Misalnya saja dengan memberikan jatah uang jajan dalam seminggu bahkan sebulan sekali.

Berikan pemahaman juga terkait bagaimana mengelola uang jajan tersebut dan ajari untuk menyisihkannya untuk tabungan. Dengan membiasakan demikian, anak juga akan berlatih tentang bagaimana tanggung jawabnya terhadap diri sendiri.

Jangan ragu dalam memberikan apresiasi kepada anak jika berhasil menyisihkan uangnya untuk menabung. Dengan demikian anak akan lebih bersemangat untuk menabung dan menerapkan pola hidup hemat.

5. Jangan Menuruti Semua Keinginan Anak

Para orang tua terkadang ingin rasanya menuruti semua keinginan anak, apalagi jika memang Anda mampu memberi apa yang diinginkan anak. Akan tetapi hal tersebut tidak bisa selalu dibenarkan.

Pasalnya, dengan menuruti semua keinginan anak ia akan sulit berlatih untuk bekerja keras. Hal ini juga dapat membuat anak menjadi tidak mandiri dan bergantung kepada orang lain. Dengan demikian, ada baiknya untuk tidak menuruti semua keinginan anak.

Ada baiknya untuk mengajari anak menabung jika menginginkan sesuatu. Ini akan melatih anak sikap bertanggung jawab, mandiri, kerja keras dan tidak mudah bergantung dengan orang lain.

6. Memberikan Hadiah Sebagai Bentuk Apresiasi

Terkadang untuk membeli sesuatu yang diinginkan membutuhkan waktu lama dalam mengumpulkan uang. Ini dapat membuat anak merasa putus asa dan bosan dalam menabung. Memberikan hadiah kepada anak merupakan cara agar anak tidak bosan menabung.

Jika tabungan sudah mencapai 25% dari total yang akan digunakan untuk membeli barang. Anda dapat memberikan hadiah dengan memberikan tambahan uang agar keinginan anak segera terwujud.  Hal ini dapat membuat anak merasa senang dalam menabung.

7. Mengenalkan Tabungan Emas

Mengenalkan anak pada tabungan emas merupakan salah satu cara agar anak semangat dalam menabung. Anda dapat memulainya dengan memberikan konsep apa itu emas dan manfaatnya jika menabung dalam bentuk emas.

Misalnya saja dengan mengenalkan anak dengan produk emas seperti kalung dan cincin dengan karakter yang lucu. Hal itu dapat membuat anak tertarik dengan investasi atau menabung dalam bentuk emas.

Berikan pemahaman juga bahwa emas merupakan salah satu produk dengan harga yang stabil di pasaran. Dengan demikian anak akan lebih paham bahwa emas bukan sekedar aksesoris yang lucu akan tetapi dapat menjadi investasi jangka panjang.

Mengajari anak menabung dapat dilakukan dengan mengenalkannya pada emas, salah satunya produk UBS. Produk UBS memiliki emas dengan aneka berat yang berbentuk kemasan yang lucu dengan karakter Disney yang dapat membuat anak tertarik untuk menabung.

Anda dapat membeli berbagai macam produk UBS di Blibli. Blibli merupakan salah satu marketplace ternama di Indonesia yang menyediakan berbagai macam kebutuhan Anda. 

Dengan berbelanja di Blibli, Anda akan mendapatkan penawaran harga yang menarik dan diskon pada setiap pembelanjaan. Tunggu apa lagi? Yuk, segera belanja dengan mudah di Blibli aja.