Ahmad Ependi:Mari Merefleksi Diri Dalam Moment Harlah Pancasila

Rabu, 01 Juni 2022

SUNGAI INTAN - Melalui momentum Hari Lahir Pancasila tanggal 1 Juni 2022,dimana tahun ini mengangkat Tema "Bangkit Bersama Membangun Peradaban Dunia",Kepala Desa Sungai Intan Kecamatan Tembilahan Hulu Kabupaten Indragiri Hilir-Riau Ahmad Ependi,mengajak agar kita kembali merenungi dari asal histori filosofis terlahirnya Pancasila tersebut yang di"bidani"oleh Sang Proklamator kita,Bung Karno.Dimana Konsep Pancasila,yang dengan perjalanan panjangnya hingga sempurna sampai hari ini,diwarnai beragam riak dinamika ide dan gagasan kritis para tokoh bangsa kita kala itu.Akhinya bulat menyepakati bahwa Pancasila final sebagai pilar ideologi Bangsa dan negara Indonesia.Menyatukan keberagaman lintas sektor hidup dan berkehidupan".Ungkap Ahmad Ependi (Rabu 01 Juni 2022).

"Saya ingin mengutip kembali,sambutan BPIP-RI akan hari lahir Pancasila yang disampaikan 3 tahun yang lalu, sebelum Negeri kita "diserang"Pandemi Covid-19,dan saya kira tahun 2022 Pasca kita mulai pulih dan bangkit dari "keterpurukan",masih cukup relevan untuk kembali  kita ingat dan segarkan lagi pesan Makna Harlah Pancasila tersebut". Ungkap Ahmad Ependi

"ada beberapa point dalam peringatan ini. Pertama, kita berusa mengenang dan merefleksikan momentum sejarah dimana pendiri bangsa berhasil menggali nilai-nilai fundamental bangsa Indonesia sebagai dasar negara sehingga bangsa nusantara yang beragam dapat bersatu dan menyatu sebagai satu bangsa.
Kedua, dengan peringatan ini dapat membangun kebersamaan dan harapan untuk menyongsong kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik, dimana pancasila sebagai “leitstars dinamis” bintang penuntun mengandung visi misi negara yang memberikan orientasi arah perjuangan dan pembangunan bangsa kedepan.

Oleh sebab itu, diperlukan kesadaran dan pemahaman untuk saling menghormati, saling bekerjasama, bergotong royong dalam menyelesaikan permasalahan yang ada. “Kita Indonesia, Kita Pancasila adalah sosok yang percaya diri, optimis dan penuh harpan dalam menatap masa depan sebagai bangsa yang maju, adil dan makmur,”.Tutup Kades Sungai Intan Ahmad Ependi yang juga saat ini merupakan Sekjend Apdesi Inhil terpilih.

Seperti diketahui, tanggal 1 Juni resmi ditetapkan sebagai hari libur nasional Lahirnya Pancasila melalui Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2016 Presiden Joko Widodo. Jokowi menyampaikan keputusan ini melalui pidato pada peringatan Pidato Bung Karno 1 Juni 1945 di Gedung Merdeka, Bandung pada 1 Juni 2016.