Ginta : Manfaat JKN-KIS Jauh Lebih Besar Daripada Gaji yang Dipotong

Selasa, 26 April 2022

Transmediariau.com, Tanjungpinang – Ginta Rosalina Simanjuntak (47) merupakan peserta JKN-KIS segmen Pekerja Penerima Upah (PPU). Ginta adalah salah satu dari sekian banyak masyarakat yang telah merasakan langsung manfaat menjadi peserta JKN-KIS.
“Kepesertaan JKN-KISsaya dan anak-anak saya masuk kedalan tanggungan suami saya yang adalah seorang Tentara Nasioanl Indonesia - Angkatan Laut (TNI-AL). Saya pribadi melihat program ini sangat tepat buat saya dan keluarga saya sebagai jaminan kesehatan bagi kami, karena kita tidak tahu kapan akan sakit. Jangan menunggu sakit datang dulu baru daftar JKN,” tutur Ginta saat ditemui di kediamannya, Jumat (22/04).
Ginta juga menceritakan bagaimana pengalamannya ketika menggunakan kartu JKN-KIs untuk berobat ke fasilitas kesehatan.
“Kebetulan kami sudah beberapa kali menggunakan kartu JKN-KIS untuk berobat, Ketika berobat di Klinik dan ketika dirujuk ke Rumah Sakit, tidak ada kendala yang terjadi. Yang penting kita sebagai peserta juga harus paham pada prosedur dan ketentuan yang ada, dan selagi sesuai dengan prosedur maka tidak akan ada kendala,” tegas Ginta.
Ginta mengatakan bahwa manfaat yang dia dan keluarganya terima sebagai peserta JKN-KIS tidak sebanding dengan iuran setiap bulan yang dipotong dari gaji suaminya.
“Jauh lebih besar manfaat yang saya dan keluarga saya terima, tidak sebanding dengan iuran yang dipotong dari gaji suami saya setiap bulan. Kami tidak keberatan gaji suami dipotong setiap bulan. Karena ketika berobat di rumah sakit sejauh ini lancar dan tidak ada dikenakan tambahan biaya, andai tidak pakai JKN-KIS tentu biaya yang harus dikeluarkan lebih banyak lagi,” lanjut Ginta.
Di akhir wawancara Ginta menyampaikan rasa kagumnya terhadap program JKN-KIS dan harapannya agar program JKN-KIS bisa tetap berjalan.
“Saya berharap dengan pemerintahan bisa tetap dan selalu lebih lagi memperhatikan rakyatnya dan pelayanan lebih ditingkatkan lagi lagi. Terima kasih JKN-KIS,” ucap Ginta.
Tampak Ginta bersemangat ketika petugas BPJS Kesehatan memandu Ginta untuk mengunduh Aplikasi Mobile JKN di smartphone miliknya.
“Saya hari ini sudah mendownload Aplikasi Mobile JKN, aplikasi ini juga sangat membantu saya sebagai peserta JKN-KIS. Saya bisa cek tagihan atau cek kepesertaan melalui aplikasi ini. Semoga BPJS Kesehatan selalu berinovasi untuk meningkatkan pelayanan kepada peserta JKN-KIS,” tutupnya. (*)