Puskesmas Tanjungpinang Antusias Update Info Terbaru JKN-KIS

Jumat, 01 April 2022

Transmediariau.com, Tanjungpinang - Sebagai badan hukum publik yang mengelola Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), BPJS Kesehatan secara rutin melaksanakan pemberian informasi langsung terkait program JKN-KIS kepada peserta. Kali ini, BPJS Kesehatan berkesempatan melaksanakan sosialisasi kepada pegawai di Puskesmas Tanjungpinang, Kamis (31/03). 

“Seperti yang diketahui, peserta JKN-KIS sering sekali mengunjungi fasilitas kesehatan seperti Puskesmas, dan hari ini dilaksanakan sosialisasi kepada para pegawai di Puskesmas Tanjungpinang agar petugas dapat update informasi terkait JKN-KIS untuk disebarluaskan kepada masyarakat yang berobat ke puskesmas,” ujar Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Tanjungpinang," Wan Effi Yulisna.
Effi melanjutkan pada sosialisasi ini dia memaparkan hak dan kewajiban sebagai peserta JKN-KIS, diharapkan pegawai Puskesmas Tanjungpinang dapat memahami hak dan kewajiban sebgaai peserta JK-KIS sehingga diharapkan dapat memperlancar pelaksanaan pelayanan bagi peserta JKN-KIS di Puskesmas Tanjungpinang.

“Kami juga selalu mengedukasi masyarakat agar mendownload aplikasi Mobile JKN melalui Playstore ataupun Appstore. Aplikasi Mobile JKN merupakan Aplikasi berbasis mobile untuk memudahkan peserta melakukan transaksi administrasi, mendapatkan informasi dan menyampaikan pengaduan,” tambah Effi. 

Effi melanjutkan, ada banyak fitur yang dapat diakses oleh peserta di Aplikasi Mobile JKN, seperti cek status kepesertaan aktif atau tidak, cek tagihan, pindah fasilitas kesehatan serta layanan informasi.

Puluhan pegawai Puskesmas Tanjungpinang tampak antusias mendengarkan informasi yang disampaikan dalam sosialisasi. Hal ini tampak dari tanya jawab yang berlangsung selama sosialisasi berlangsung. Tari, salah satu peserta sosialisasi yang hadir menyampaikan apresiasinya.

“Sosialisasi ini membantu saya untuk lebih paham terakit program JKN-KIS, saya bisa mendapatkan informasi langsung dari petugas BPJS Kesehatan. Saya juga sudah mendownload aplikasi Mobile JKN. Aplikasi ini sangat membantu saya, kesibukan sehari-hari dan lokasi rumah saya yang jauh dari kantor BPJS Kesehatan membuat terkadang tidak sempat untuk ke kantor. Jadi tadi saya sudah melakukan pindah faskes dan dibantu oleh petugas BPJS Kesehatan untuk mendownload aplikasi Mobile JKN,” ujar Tari dengan antusias.(*)