DLH Inhu Gelar Sosialisasi Program Kampung Iklim 2022

Kamis, 24 Maret 2022

TRANSMEDIARIAU.COM, INHU- Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) menggelar acara sosialisasi Program Kampung Iklim (Proklim) Tahun 2022.

Acara sosialisasi dibuka oleh Kepala Dinas LH Inhu Ori Hanang Wibisono, SE di kantor DLH Inhu, Rabu (23/03/2022).

"Proklim bertujuan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam mengelola lingkungan hidup serta upaya mitigasi dan adaptasi akibat dampak perubahan iklim," kata Ori ke media Kamis (24/3).

Ori menjelaskan sosialisasi proklim melibatkan peran serta aktif masyarakat dan berbagai pihak pendukung seperti pemerintah dan pemerintah daerah, dunia usaha, perguruan tinggi serta lembaga non pemerintah.

Untuk itu, Dinas DLH mengundang  narasumber dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Riau dengan peserta dari tujuh kecamatan, yaitu Kecamatan Rengat, Rengat Barat, Lirik, Batang Gansal, Seberida, Rakit Kulim dan Peranap.

Serta 11 perusahaan yaitu  PT. Berlian Inti Mekar, PT. Buana Wira Lestari, PT. Indriplant PKS Napal, PT. Indriplant Kebun, PT. Inecda, PT. Kencana Amal Tani,  PT. Mega Nusa Inti  Sawit,  PT. Rigunas Agri I Utama, PT. Talang Jerinjing Sawit
, PT. Tirta Sari Surya dan  PT. 
Pertamina Hulu Energi Kampar yang terdapat di wilayah Inhu.

"Diharapkan seluruh peserta dapat memahami perubahan iklim dan proklim serta prosedur pendaftaran proklim," ucapnya.

Selain itu, Ori juga berharap peserta dapat menjadi katalisator yang potensial bagi wilayah desa dan kecamatan dalam pengenalan dan pengembangan proklim untuk pengendalian perubahan iklim yang lebih baik di Kabupaten Inhu.

Reporter : Arlendi