Bankesbangpol Inhu Gelar Pembinaan Ormas

Kamis, 17 Maret 2022

TRANSMEDIARIAU.COM, INHU - Badan Kesatuan Politik dan Kebangsaan (Kesbangpol) Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) menggelar pembinaan organisasi masyarakat  bersama 30 Organsiasi Masyarakat (Ormas) bertempat di Wisma Five Boys Pematang Reba Kecamatan Rengat Barat, Kamis pagi.

Pertemuan bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pemaparan kegiatan Ormas di Inhu sehingga sesuai dengan fungsi organisasi yang sesungguhnya.

"Mari sama-sama menggerakkan fungsi organisasi sesuai dengan aturan yang ditetapkan oleh pemerintah," ujar sekretaris Kesbangpol Nurjanah, S.P.  yang mewakili Kaban Kesbangpol Inhu.

Dijelaskan, ormas harus mempunyai tujuan dan sasaran terbaru untuk memberikan sosialisasi kemasyarakatan, seperti  mengelola aspirasi masyarakat, mendukung peningkatan kesejahteraan masyarakat, mendorong partisipasi masyarakat dalam pembangunan, mengawasi proses pembangunan, memerihara ketertiban dan  keamanan dan mengembangkan keahlian masyarakat.

Kemudian Kompol Amir sebagai narasumber dari Polres Inhu mengatakan bahwa ormas merupakan organisasi yang didirikan dan dibentuk oleh masyarakat secara sukarela dengan kesamaan aspirasi, kehendak, kebutuhan, kepentingan kegiatan dan tujuan untuk berpartisipasi dalam pembangunan demi tercapainya tercapainya tujuan Negara  kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

"Dengan ketentuan ini mari kita sama-sama bekerja untuk daerah kita, menjalankan kegiatan organisasi masyarakat khususnya membantu pemerintah kita," katanya.

Dalam acara tersebut, Ketua Persatuan Batak Bersatu (PBB) Kabupaten Inhu, Martimbang Simbolon merespon positif kegiatan tersebut. Pelatihan dan pembinaan sangat membantu ormas untuk mengetahui fungsinya di masyarakat.

Demikian juga, Laskar Merah Putih (LMP) Kabupaten Inhu yang diwakili Sekretaris Kecamatan Rengat Barat, Paiman Simatupang turut mengapresiasi gelaran tersebut dimana dapat membuka ruang komunikasi dalam mengawasi pembangunan di Inhu.


Reporter : Arlendi