Lisna : BPJS SATU! Selalu Siap Siaga Membantu dengan Cepat dan Solutif

Sabtu, 26 Februari 2022

Transmediariau.com , Tanjungpinang – Identik dengan rompi berwarna kuning beserta aksesoris yang mudah dikenal, Petugas BPJS SATU! (Siap membantu) semakin banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia khusunya peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang ada di Rumah Sakit.

BPJS Layanan SATU! diluncurkan oleh BPJS Kesehatan pada bulan Desember 2019 yang lalu, layanan tersebut diterima dengan sambutan positif oleh masyarakat khususnya peserta JKN-KIS rawat jalan maupun rawat inap yang ada di Rumah Sakit.

Kamis (24/02) Lisna (40) membagikan kisahnya kepada Tim Jamkesnews ketika dibantu oleh petugas BPJS SATU! BPJS Kesehatan Kantor Cabang Tanjungpinang, Vonang Selvia.

“Pada hari Selasa (15/02) salah satu anggota keluarga saya, yaitu Sutomo yang menderita penyakit jantung mendapat rujukan dari Puskesmas untuk pengambilan obat penyakit jantungnya. Kemudian hari Rabu saya ke fasilitas kesehatan untuk mengambil obat, dan obatnya kosong. Hari Kamis (17/02) Sutomo merasakan merasakan sakit di awal, mungkin 3 hari tidak awal cerita,” Lisna mengawali ceritanya.

Tak habis akal, Lisna pergi ke Rumah Sakit untuk bertanya terkait obat yang habis tersebut. Dan oleh petugas diinformasikan bahwa ada 1 obat yang bisa diambil pada hari itu dan ada 1 obat yang sedang kosong dan sedang dipesan.

“Kemudian saya melihat ada foto petugas BPJS SATU! di Rumah Sakit, dan ada nomor teleponnya. Lantas saya menghubungi nomor tersebut. Saya sampaikan keluhan saya, dan petugas BPJS SATU! yaitu Ibu Vonang dengan sigap membantu saya. Beliau segera untuk berkoordinasi dengan pihak Rumah Sakit. Syukurlah, keesokan harinya pada hari Jumat saya dihubungi oleh BPJS Satu! dan petugas di fasilitas kesehatan bahwa obatnya sudah bisa saya ambil,” cerita Lisna dengan antusias.

Peserta BPJS Kesehatan diharapkan tidak ragu meminta bantuan kepada petugas BPJS SATU! dirumah sakit jika mengalami kendala atau kesulitan. BPJS Layanan SATU merupakan re-branding dari optimalisasi peran petugas Pemberian Informasi dan Penanganan Pengaduan (PIPP) yang berada di Rumah Sakit. Penampilan khas BPJS SATU dengan menggunakan rompi kuning agar lebih memudahkan peserta dalam mendapatkan informasi maupun pengaduan pelayanan.

“Akhirnya obat saudara saya sudah bisa kami dapatkan. Terima kasih kepada Ibu Vonang yang sudah membantu saya. Kami benar-benar bersyukur, Ibu Vonang sebagai BPJS SATU! selalu siap siaga membantu kami dengan cepat dan solutif. Saya lebih mudah mendapatkan informasi dan tidak perlu bingung lagi. Terima kasih BPJS SATU!,” tutup Lisna.

Seperti yang diketahui, selain melalui BPJS Satu!, peserta JKN-KIS juga dapat menghubungi Care Center 165 serta mengakses Aplikasi Mobile JKN untuk menyampaikan keluhan atau informasi. (*)