Layanan MCS Tanjungpinang Hadir di Berbagai Titik di Kota Tanjungpinang

Senin, 17 Januari 2022

Transmediariau.com, Tanjungpinang – Sebagai badan hukum publik yang mengelola Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang bertujuan untuk memberikan jaminan kesehatan bagi seluruh rakyat Indonesia, BPJS Kesehatan terus berusaha untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat peserta JKN-KIS yang terus bertambah setiap harinya.

Salah satu upaya yang dilakukan BPJS Kesehatan Cabang Tanjungpinang adalah dengan hadirnya Mobile Customer Service (MCS). Kali ini, MCS BPJS Kesehatan Cabang Tanjungpinang berkesempatan untuk mengunjungi Taman Tepi Laut Tanjungpinang.

“MCS adalah salah satu upaya yang dilaksanakan BPJS Kesehatan Cabang Tanjungpinang dalam rangka jemput bola ke peserta, sehingga peserta tidak perlu mengantri di kantor. Mobil MCS lengkap dengan perlengkapan pelayanan, jadi diharapkan bisa membantu masyarakat lebih banyak,” ujar Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta Wan Effi Yulisna.

Pelayanan yang akan diperoleh masyarakat di MCS adalah sama dengan pelayanan di kantor BPJS Kesehatan seperti mutasi data, pindah faskes, cek status kepesertaan dan pemberian informasi  guna meningkatkan pemahaman masyarakat luas tentang program JKN-KIS.

Wan Effi menambahkan sampai dengan 28 Januari 2022 layanan MCS akan dilaksanakan di lokasi-lokasi lain di wilayah Kota Tanjungpinang seperti Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), kelurahan dan RT/RW.

“Pelayanan pada MCS ini dapat juga diperoleh melalui aplikasi Mobile JKN. Karena itu kami juga selalu mengedukasi masyarakat agar mendownload aplikasi Mobile JKN melalui Playstore ataupun Appstore. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa aplikasi Mobile JKN memiliki banyak sekali fitur yang akan memudahkan peserta, seperti pindah faskes, cek kepesertaan, cek tagihan serta layanan informasi,” lanjut Wan Effi.

Nadia adalah salah satu peserta JKN-KIS yang terlihat mengunjungi mobil MCS di Taman Tepi Laut, Tanjungpinang, Kamis (13/01).

“Tempat tinggal saya kebetulan tidak jauh dari sini, saya melihat ada mobil MCS BPJS Kesehatan, jadi saya kunjungi. MCS BPJS Kesehatan ini sangat membantu saya, karena saya bisa mendapatkan pelayanan langsung dari petugas BPJS Kesehatan tanpa harus ke kantor. Kesibukan sehari-hari terkadang membuat terkadang tidak sempat untuk ke kantor. Jadi tadi saya sudah melakukan pindah faskes dan dibantu oleh petugas BPJS Kesehatan untuk mendownload aplikasi Mobile JKN,” ujar Nadia.

Nadia menambahkan dengan fitur KIS Digital di aplikasi Mobile JKN dia tidak perlu takut ketinggalan kartu JKN jika ingin berobat, karena sekarang KIS Digital selalu ada di handphone miliknya.(*)