Arison : Dengan JKN-KIS Tidak Perlu Khawatir dengan Biaya Pengobatan

Selasa, 28 Desember 2021

Transmediariau.com, Tanjungpinang - Arison (39) telah merasakan langsung manfaat menjadi peserta Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Istri dari pria yang akrab disapa Soni ini menggunakan kartu JKN-KIS pada saat melahirkan anak pertama dan anak kedua.
“Proses lahiran anak pertama pada tahun 2012 dan anak kedua kedua pada tahun 2017 dengan menggunakan kartu JKN-KIS. Alhamdulillah tidak ada kendala dan dilayani dengan baik serta tidak ada dipungut biaya tambahan,” ungkap Soni kepada tim Jamkesnews, Rabu (28/12).
Soni bercerita, saat ini dia dan istri tercinta sedang menunggu kelahiran anak ketiga, yang berdasarkan Hari Perkiraan Lahir (HPL) akan dilahirkan pada bulan Januari 2021.
“Saat ini istri sedang mengandung anak ketiga, HPL nya di bulan Januari, rencananya akan dilahirkan dengan memanfaatkan kartu JKN-KIS juga,” lanjut Soni.
Soni yang berprofesi sebagai karyawan swasta ini merasa dengan adanya Program JKN-KIS, dia dan keluarganya bisa mendapatkan jaminan kesehatan tanpa harus khawatir akan biaya yang besar.
“Sejak menjadi peserta JKN-KIS, saya dan keluarga merasa terlindungi, tidak perlu khawatir lagi dengan biaya pengobatan jika sakit. Karena sekarang biaya operasi juga tidak sedikit. Dengan JKN-KIS saya tidak perlu khawatir dengan biaya pengobatan, yang penting  setiap bulan saya bayar iuran tepat waktu agar kartu tetap aktif,” cerita Soni.
Soni mengakui pelayanan di fasilitas kesehatan tempat istrinya melahirkan kepada pasien BPJS Kesehatan sangat baik, dan tidak ada perbedaan dengan pasien non BPJS. Proses persalinan istrinya berjalan dengan lancar tanpa kendala yang berarti.
“Yang penting kita sebagai peserta juga paham prosedur, dan rutin membayar iuran agar kartunya aktif dan tidak ada kendala ketika akan menggunakan kartu JKN-KIS untuk berobat,” ungkap Soni.
Soni berharap Program JKN-KIS tetap berkelanjutan serta masyarakat yang belum menjadi peserta JKN-KIS segera mendaftarkan diri dan keluarganya untuk menjadi peserta JKN-KIS.
“Program ini sangat membantu mansyarakat, semoga tetap berjalan dan bagi masyarakat yang belum daftar, yuk segera daftarkan diri dan keluarganya. Dan yang sudah menjadi peserta, jangan lupa bayar iuran setiap bulannya,” tutup Soni.