MAN 1 Inhil Peringati Hari Bahasa Arab Internasional

Sabtu, 18 Desember 2021

TRANSMEDIARIAU.COM, INHIL - Peringati Hari Bahasa Arab Intenasional Klub Bahasa Arab MAN 1 Indragiri Hilir (Inhil) mengadakan Webinar Bahasa Arab sekaligus bersempena dengan Peringatan Bahasa Arab Internasional.

Tanggal 18 Desember merupakan tanggal yang sangat penting bagi seluruh muslim diseluruh dunia, pasalnya bahasa arab yang merupakan bahasa Al-Qur’an dan Hadits ini ditetapkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa atau PBB sebagai salah satu bahasa internasional yang diakui dan bisa dipakai dalam setiap kegiatan forum internasional, hal ini juga kembali mengukuhkan bahasa arab sebagai bahasa terpenting dalam sejarah peradaban dunia, bahasa tertua dan salah bahasa dengan jumlah penutur terbanyak di dunia.

Sehingga tanggal 18 desember menjadi momentum yang sangat dinantikan setiap tahunnya terutama bagi para pecinta bahasa arab tak terkecuali siswa-siswi MAN 1 Indragiri Hilir, melalui wadah Klub Bahasa Arab sejak tahun 2019 yang lalu, Klub Bahasa Arab MAN 1 Indragiri Hilir telah aktif dalam berbagai kegiatan pengembangan bahasa arab, tentu saja peringatan hari bahasa arab internasional menjadi salah satu agenda tahunan wajib yang selalu diadakan.

Pada hari sabtu, 18 desember 2021 ini, Klub Bahasa Arab MAN 1 Indragiri Hilir mengadakan Webinar Bahasa Arab sekaligus bersempena dengan Peringatan Bahasa Arab Internasional, acara Webinar dengan Tema Bahasa Arab, Peluang dan tantangan masa depannya di Asia Tenggara dengan pemateri Rinaldo, S.Pd yang merupakan Guru Bahasa Arab di Ansor Al-Sunnah School Pak Payoon Foundation Thailand dengan Moderator Nashirah yang pernah Mewakili Provinsi Riau dalam Kompetisi Bahasa Arab Nasional pada September yang lalu. Yang dihadiri secara virtual lewat Zoom Meeting oleh 115 orang siswa-siswi MAN 1 Indragiri Hilir

Dalam agenda ini turut hadir juga Wakil Kepala Bidang Kesiswaan MAN 1 Indragiri Hilir yaitu Bapak Muhammad Hasbi, S.Pd dan Ustadzah Hj. Risa Malahayati, Lc, M.Pd.I serta Ustadz Annuar Gunawan, S.Pd.I, M.Pd sebagai Pembina Klub Bahasa Arab. Dalam kesempatan ini pula M. Subhan Arifuddin yang merupakan Ketua Klub Bahasa Arab menyampaikan bahwa “ Agenda Webinar Bahasa Arab ini merupakan agenda yang sangat menarik dan menambah wawasan terutama untuk mengetahui peluang dan tantangan bahasa arab di Asia Tenggara”

Dalam sambutannya, Pembina Klub Bahasa Arab, Ustadzah Hj. Risa Malahayati, Lc, M.Pd.I juga menyampaikan beberapa poin penting tentang urgensi mempelajari bahasa arab.

"bahasa arab selain sebagai bahasa Al-Qur’an dan Hadits, juga merupakan bahasa peradaban dunia serta bahasa pergaulan internasional dan wajib dipelajari oleh setiap kaum muslimin" tuturnya

Harapannya, kegiatan webinar ini benar-benar memberikan manfaat bagi para siswa-siswi MAN 1 Indragiri Hilir terutama agar semakin terpacu dan lebih giat dalam mempelajari bahasa arab, karena peluang masa depan bahasa arab di masa depan sangatlah banyak sekali, sebagaimana yang disampaikan oleh pemateri bahwa bahasa arab menjadi modal utama dalam memahami Al-Qur’an dan hadits serta kajian keislaman, mudah untuk masuk ke berbagai perguruan tinggi di Timur Tengah, sebagai modal menjadi guru dan dosen lokal maupun internasional serta dapat pula menerjemahkan karya-karya ulama yang berbahasa arab agar lebih mudah difahami oleh umat islam di Indonesia.

Ustadz Rinaldo, S.Pd juga menyampaikan bahwa masa depan bahasa arab di asia tenggara terdapat diberbagai bidang terutama Pendidikan, Kerjasama dan Ekonomi, beliau sendiri sebenarnya juga warga Negara Indonesia, tetapi mendapatkan kesempatan menjadi guru bahasa arab di Thailand, ini menjadi salah satu bukti bahwa peluang masa depan bahasa arab sangat besar khususnya di asia tenggara.