7 Badan Usaha Tandatangani Kerjsasama Program Donasi JKN-KIS

Kamis, 16 Desember 2021

Transmediariau.com  – Sebagai bentuk dukungan terhadap Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), sebanyak 7 (tujuh) badan usaha di kawasan industri Lobam menandatangani Perjanjian Kerja Sama Donasi Jaminan Kesehatan bagi warga di wilayah Kecamatan Seri Kuala Lobam, Kamis (16/12). 
Program Donasi JKN-KIS merupakan program yang melibatkan partisipasi masyarakat secara perorangan atau badan hukum yang bertujuan mewujudkan kepedulian kepada masyarakat di lingkungannya melalui pendaftaran dan pembayaran keluarga atau kelompok untuk menjadi peserta JKN-KIS.
“Program Donasi ini sudah berjalan selama 3 tahun yang tadinya pada tahun pertama hanya sekitar 160 donasi kemudian pada tahun kedua naik menjadi 210 donasi. Semoga di tahun depan akan ada penambahan donasi karena jika dilihat dari jumlah premi tidak terlalu tinggi sehingga masih bisa dicover. Selanjutnya kita akan berusaha untuk berbicara dengan perusahaan lain yang berada di kawasan industri Lobam sehingga diharapkan pada tahun 2023 nanti akan ada penambahan jumlah donatur,” ungkap Aditya Laksamana, General Manager PT Bintan Inti Industrial Estate selaku pengelola Kawasan Industri Lobam.
Aditya menambahkan CSR merupakan salah satu program yang harus dijalankan sebagai salah satu komitmen dari Kawasan Industri Lobam untuk dapat membantu masyarakat sekitar, bukan hanya di bidang kesehatan tetapi juga di bidang pendidikan seperti program beasiswa bagi siswa sekolah.
“Kita juga sudah membuka Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) untuk menaikkan skill masyarakat lokal agar bisa bersaing di dalam Kawasan Industri Lobam sehingga tidak hanya menjadi penonton di daerah sendiri”, lanjut Aditya.
Aditya juga mengungkapkan apresiasinya untuk inovasi-inovasi BPJS Kesehatan dalam memberikan pelayanan bagi peserta.
“Saat ini kemoterapi sudah bisa dilaksanakan di Tanjungpinang, hal ini tentu sangat membantu, karena kita tahu ada beberapa karyawan yang kemoterapi dan tentu sangat merepotkan jika harus ke Batam bolak balik untuk melaksanakan kemoterapi. Terima kasih atas kemajuan yang sudah ada, saya lihat BPJS Kesehatan sekarang sangat inovatif,” lanjut Aditya.
Kepala BPJS Kesehatan Cabang Tanjungpinang, Fauzi Lukman Nurdiansyah dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada badan usaha yang telah berpartisipasi dalam Program Donasi JKN-KIS di wilayah Kecamatan Seri Kuala Lobam.
“Kami mengapresiasi setinggi-tingginya 7 (tujuh) badan usaha yang berkomitmen dalam mendaftarkan warga Kecamatan Seri Kuala Lobam ke dalam Program Donasi JKN-KIS, yaitu PT. Bintan Inti Industrial Estate, PT. Singatac Bintan, PT. Bintan Offshore, PT. Marine Centre, PT. CCI Bintan, PT. Esco Indonesia serta  PT. Esco Village.
“Untuk PT. Esco Village memberikan donasi program CSR bagi masyarakat di wilayah Kampung Bugis Kelurahan Tanjung Uban Utara,” lanjut Fauzi.
Fauzi menambahkan pemilihan kelas perawatan bagi peserta yang didaftarkan dan dibayarkan  iurannya melalui Program Donasi JKN-KIS harus pada kelas perawatan yang sama. Program ini dapat disesuaikan dengan budget CSR perusahaan dengan jumlah peserta yang ditanggung. (*)