Kemajuan Teknologi Musibah atau Anugerah!

Sabtu, 04 Desember 2021

TRANSMEDIARIAU.com - Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital. Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kabupaten/Kota dari Aceh hingga Lampung. 

4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain Kecakapan Digital, Keamanan Digital, Etika Digital dan Budaya Digital.

Sebagai Keynote Speaker Gubernur Provinsi Riau yaitu, Drs. H. Syamsuar, MSi dan Presiden RI Jokowi memberikan sambutan pula dalam mendukung Literasi Digital Kominfo 2021.

Webinar membahas tentang KEMAJUAN TEKNOLOGI MUSIBAH ATAU ANUGERAH oleh para narsum yang mempunyai kompetensi di bidang masing-masing serta seorang Key Opinion Leader yang akan memberikan sharing session, Kamis (02/12/2021) sekira pukul 09.00 WIB di Kabupaten Kampar.

Menurut Dr. Prilani, MSi sebagai Dewan Pakar ASKOPIS mengatakan, kemajuan teknologi bisa menjadi anugerah karena segala sesuatu yang kita butuhkan dapat diakses dengan cepat dan mudah menggunakan internet, dengan adanya internet kita bisa berkomunikasi, dapat mencari ilmu, dan juga menambah digital skill. 

"Digital skill merupakan kemampuan individu dalam mengetahui, memahami, dan menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak TIK serta sistem operasi digital dalam kehidupan sehari-hari," tambahnya.

"Digital skill adalah kemampuan menggunakan dan mengoperasikan hardware, software dan brainware untuk memproduksi produk digital (barang dan jasa)," ujar Dr. Prilani.

Fauzi Amrullah, M.Kom sebagai Guru Produktif Jurusan TKJ SMKN 1 Bangkinang memaparkan, budaya digital merupakan hasil dari pola pikir, kreasi dan cipta karya berbasis teknologi internet yang ditentukan oleh penguasaan terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi. Cara melindungi data pribadi antara lain, jangan berbagi data pribadi kepada teman dan menggunakan password yang kuat.

Ilham Fitra, M.kom sebagai Dosen Luar Biasa Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau menjelaskan etika merupakan kemampuan individu untuk menyadari, mencontohkan, menyesuaikan diri, merasionalkan, mempertimbangkan, dan menambahkan tata kelola etika bermedia digital dalam kehidupan sehari-hari. 

Key Opinion Leader oleh Azmy Zen sebagai Presenter menambahkan bahwa adanya kemajuan teknologi ini sangat memudahkan kita dalam melakukan sesuatu, termasuk dalam berkomunikasi, tetapi perlu diperhatikan pula dampak negatif jika kita tidak menggunakan internet secara bijak. Dampak tersebut antara lain, penyalahgunaan data pribadi, phissing, cyberbullying, dan lain-lain. Gunakanlah internet secara tepat dan bijak agar mendapatkan manfaatnya.