Memperingati Hari AIDS Sedunia, Puskesmas Pengalihan Enok Lakukan Pemeriksaan HIV Terhadap Ibu Hamil

Rabu, 01 Desember 2021

TRANSMEDIARIAU.COM - Dalam rangka memperingati hari AIDS sedunia. Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir melalui Puskesmas Pengalihan Enok mengadakan kegiatan pemeriksaan HIV kepada ibu hamil. Rabu (1/12/2021).

Kegiatan pemeriksaan ibu hamil kali ini dipusatkan di Desa Bagan Jaya dan diikuti puluhan perwakilan ibu hamil yang berasal dari berbagai daerah diwilayah kerja Puskesmas Pengalihan Enok.

Kepala UPT Puskesmas Pengalihan Enok, Baihaqi mengatakan bahwa perempuan dengan HIV bisa mencegah agar janin atau calon buah hatinya tidak tertular AIDS, dengan cara mengetahui kondisinya apakah positif HIV atau tidak.

" Perempuan harus tahu program hamil untuk ibu dengan HIV, cara agar tidak menularkan Aids ke bayinya ibu hamil diwajibkan untuk pemeriksaan HIV AIDS.atau PPIA (pencegahan penyakit ibu anak)" ungkapnya.
Dikatakannya juga dalam memperkuat komitmen atas pencegahan HIV/AIDS dan penyakit infeksi menular harus dilakukan secara bersama. Dalam hal ini, baik di jajaran lintas sektor dan masyarakat harus saling bersinergi dalam mencegah HIV/AIDS.

" Kita berharap dengan kegiatan pemeriksaan ibu hami yang kita lakukan bersempenaan Hari AIDS sedunia. Tidak ada perempuan dan ibu hamil didaerah kita ini yang tertular HIV / AIDS " harap Baihaqi.(adv/DinkesInhil)