3 Aspek Penting Dalam Membangun Budaya Digital

Rabu, 24 November 2021

TRANSMEDIARIAU.com - Dalam mencapai target 50 juta masyarakat Indonesia untuk mendapatkan Literasi di bidang Digital hingga 2024 oleh Presiden Jokowi, Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kabupaten/Kota dari Aceh hingga Lampung. 

Kecakapan Digital, Keamanan Digital, Etika Digital dan Budaya Digital merupakan 4 (empat) pilar yang diberikan dalam kegiatan webinar Literasi Digital 2021.

Gubernur Riau Drs. H. Syamsuar, MSi menjadi keynote speaker dalam webinar dengan tema besar MEMAHAMI PENTINGNYA DATA PRIBADI, yang dipaparkan oleh para nara sumber nasional dan lokal yang mempunyai kompetensi di bidangnya serta seorang Key Opinion Leader yang memberikan sharing session diakhir webinar, Selasa (23/11/2021) sekira pukul 09.00 WIB di Kabupaten Kampar.

Untuk melindungi data pribadi, kita harus memahami terlebih dahulu tentang keamanan dan pertahanan siber di dunia digital seperti yang dipaparkan oleh Aldin Aldama, SSos MSi mengatakan, aplikasi keamanan dan pertahanan siber terdiri dari convidentiality, integrity, individu, kolektif, avaibility dan negara. Bentuk cybercrime antara lain pembuatan profil palsu, persahabatan online palsu, hacking, membeli barang ilegal, stalking, cyberbulliying, dan sebagainya. 

"Maka kita harus hati hati menjaga data pribadi dan lakukan pemblokiran, jangan asal klik, jangan sembarang umbar data pribadi, log out setiap sesi dan lain lain," ujarnya.

Ditambahkan oleh Ranto Sitohang, ST MKom bahwa kita harus waspada dengan beberapa hal diantaranya waspada dengan situs pornografi, website palsu, penipuan via media sosial dan jangan asal klik karena akan berimbas dengan data pribadi kita. Selanjutnya kita harus melakukan etika digital yaitu tidak menyebarkan hoax, hindari perdebatan dan tidak melakukan perudungan.

Asri, SSn MSn membahas tentang akselerasi transformasi digital yaitu aspek teknis dan aspek budaya. Ada 3 aspek penting dalam membangun budaya digital antara lain participation, remediation (merubah buday lama menjadi budaya baru yang lebih bermanfaat) dan bricolage (memanfaatkan hal yang sudah ada menjadi baru). 

"Strategi promosi budaya dengan mengoptimalkan Google My Business, membuat konten di website berbayar maupun yang gratis, dan optimalkan media sosial, serta tidak lupa untuk menjalin kemitraan seperti dengan komunitas fotografer, travel blogger /vlogger," ungkapnya.

Sementara Mujiantok, Founder Atsoft Teknologi mengajak kita untuk tidak membalas komentar negatif, menangkal hoax, saring sebelum sharing, sering back up data dan tutup akun yang tidak berguna. Hal ini karena adanya jejak rekam digital yang ditinggalkan, dimana merupakan citra diri kita maka tinggalkan jejak yang positif di dunia maya. 

Webinar ditutup oleh pemaparan dari Rio Hijau Daun yang menjadi Key Opinion Leader dengan menjelaskan bahwa data pribadi adalah aset berharga kita, maka jagalah dengan baik agar tidak disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.